Jadwal KRL Kembali Normal

Medcom.id - Trik Perjalanan 23/03/2020
Photo by Susanto from MI
Photo by Susanto from MI

Oase.id- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengevaluasi penyesuaian jadwal operasional kereta rel listrik (KRL). Jam operasional KRL sempat dipangkas hanya pukul 06.00-20.00 WIB dengan 713 perjalanan mulai Senin, 23 Maret 2020.

"Jadwal KRL akan kembali normal mulai sore ini pukul 15.00 WIB dan berlanjut normal hingga seterusnya," kata Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba, sebagaimana disitat dari Medcom.id pada Senin, 23 Maret 2020.

Dengan begitu, KRL kembali beroperasi mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

Meski telah beroperasi normal, Anne tetap mengimbau masyarakat sebisa mungkin bekerja dari rumah. Dia berharap masyarakat menggunakan KRL hanya untuk kepentingan mendesak demi mencegah penularan virus korona (covid-19).

Menurut dia, sejauh ini masyarakat sudah mulai mengurangi penggunaan KRL. Penumpang KRL menurun hingga 60% dari rata-rata 1 juta pengguna menjadi hanya 400 ribu pengguna setiap hari.

"Berbagai kebijakan ini tentu perlu juga mendapat dukungan dari para pengguna KRL untuk bersama-sama menerapkan jaga jarak serta gaya hidup bersih dan sehat," tutur Anne.

PT KCI sejatinya menyesuaikan jam operasional demi menyokong imbauan jaga jarak sosial (social distancing). Langkah ini dipakai pemerintah dalam mencegah penularan virus korona di tengah masyarakat.

Namun, kebijakan ini tak serta merta membuat KRL sepi. Moda transportasi andalan warga untuk mobilitas di DKI Jakarta dan sekitarnya tetap penuh. Imbauan pemerintah agar masyarakat saling menjaga jarak juga sulit dilakukan.


(SBH)