MTQ Nasional 2024 Akan Digelar di Samarinda

N Zaid - Kementerian Agama 26/04/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Lokasi dan waktu penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional disepakati dan ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Persiapan MTQ Nasional ke-30 di Jakarta, Rabu (24/4/2024). 

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan, MTQ Nasional tahun ini mengambil tema 'Mewujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur’an untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara'. 

Disepakati bahwa MTQ akan digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada September 2024. 

“Kementerian Agama sebagai penanggung jawab akademik dari proses-proses ini,” ungkap Zayadi.

Menurut Zayadi, Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ tingkat Nasional. Transformasi digital terus dilakukan, sejak dari pendaftaran melalui e-MTQ, penerapan e-Maqra, serta proses penilaian dengan menggunakan e-Scoring.

“MTQ Nasional ke-30 ini semangatnya adalah proses-proses yang berbasis digital, mulai dari pendaftaran melalui e-MTQ, pilihan maqra melalui e-Maqra, serta skoring peserta melalui aplikasi e-Scoring. Dengan demikian, akuntabilitas dan kualitas MTQ Nasional akan semakin baik,” ungkapnya.

“Kemenag akan proaktif berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan event dua tahunan ini,” tutupnya.(kemenag)


(ACF)