Vitamin dan Mineral Apa Saja yang Baik untuk Menghilangkan Jerawat, Berikut Penjelasannya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 30/03/2021
Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id - Jerawat adalah penyakit di mana kulit mengalami inflamasi atau peradangan akibat masuknya minyak, bakteri, sel kulit mati, atau kotoran ke dalam pori-pori. Ini merupakan kondisi umum yang dapat menyerang siapa saja.

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari produksi kelenjar minyak berlebih, hormon, ketidakcocokan kulit pada produk kosmetik, hingga faktor keturunan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berbagai macam perawatan dan resep dapat secara efektif mengobati jerawat. Namun, ada beberapa vitamin dan mineral mampu memberikan manfaat bagi penderita jerawat. Dilansir medicalnewstoday.com, berikut vitamin dan mineral yang dapat mencegah dan mengobati jerawat :

1. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang berkontribusi pada fungsi sistem kekebalan tubuh, protein dan sintesis DNA, penyembuhan luka, pembelahan sel, dan aktivitas enzim. Sebuah studi 2013 yang menunjukkan bahwa bentuk zinc oral dan topikal dapat membantu mengobati jerawat. Para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa zinc memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang mungkin bermanfaat dalam mengurangi jerawat. Zinc juga dapat menurunkan produksi minyak pada kulit.

Makanan yang merupakan sumber zinc yang baik, antara lain :

- Makanan laut, seperti tiram, kepiting, dan lobster
- Daging merah
- Unggas
- Sereal sarapan yang diperkaya kacang-kacangan,kacang-kacangan, dan biji-bijian
- Produk susu

2. Vitamin A

Vitamin A adalah nama kelompok bahan kimia yang disebut retinoid. Vitamin ini berperan dalam banyak fungsi tubuh, di antaranya: fungsi sistem kekebalan tubuh, penglihatan reproduksi, komunikasi antar sel, berfungsinya jantung, paru-paru, dan ginjal. Vitamin A juga dapat membantu melawan tindakan Propionibacterium acnes (P Acnes), sejenis bakteri yang berperan penting dalam perkembangan jerawat.

Sebuah studi dari 2014 menemukan bahwa vitamin A tampaknya mengganggu beberapa efek yang dimiliki bakteri P. acnes pada sel kulit. Untuk meminimalisir munculnya jerawat, kita disarankan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A, di antaranya:

- Hati sapi
- Jenis ikan tertentu, seperti herring, salmon, dan tuna
- Sayuran hijau, termasuk bayam dan brokoli
- Sayuran berwarna oranye dan kuning, seperti ubi, wortel, dan labu
- Buah-buahan, seperti melon, aprikot, dan mangga

3. Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, Vitamin D jugamemberikan manfaat baik antara sel saraf dan kemampuan tubuh untuk melawan kuman. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa orang dengan jerawat memiliki tingkat vitamin D yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kondisi kulit berjerawat.

Selain itu, penelitian dari tahun 2014, Vitamin D juga menghalangi P. acnes memengaruhi sel-sel kulit. Tubuh memproduksi vitamin D secara alami ketika sinar ultraviolet dari matahari menyentuh kulit. Namun, beberapa makanan juga mengandung vitamin D, di antaranya:

- Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel
- Hati sapi
- Keju
- Telur
- Jamur


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus