5 Makanan Kesukaan Nabi Muhammad dan Manfaat Kesehatannya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 28/05/2021
 Photo by Dana Tentis from Pexels
Photo by Dana Tentis from Pexels

Oase.id – Umat Muslim menggunakan Al-Quran dan Sunah Nabi sebagai pedoman hidup, keduanya memberikan petunjuk bagi umat Islam dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Mulai dari bagaimana cara bertakwa kepada Allah dan Nabi, hingga bagaimana mengatur pola hidup untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Beberapa hadis memberikan informasi terkait dengan bagaimana Rasulullah ﷺ memilih makanan yang sehat agar memberikan manfaat yang baik dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit tertentu. Dilansir dari islamicfinder.org, berikut beberapa makanan kesukaan Nabi ﷺ dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Kurma

Kurma bisa dikategorikan sebagai makanan pokok di negara-negara timur tengah. Buah kurma juga menjadi buah yang disukai oleh Nabi Muhammad ﷺ. Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, Nabi bersabda :

مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ فِي ذَلِكَ اليَوْمِ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma 'Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir."

Kurma juga memberikan banyak manfaat seperti kaya zat besi, kalsium, kalium, vitamin B-6 dan serat. Kandungan dalam kurma yang bersifat sifat anti kanker mampu mendetoksifikasi hati, selain itu kurma merupakan makanan super dengan glikemik rendah yang membantu menyembuhkan diabetes dan membantu tubuh membangun otot rahim yang kuat selama kehamilan.

2. Anggur

Anggur adalah salah satu makanan favorit Nabi ﷺ. Kandungan fitokimia seperti senyawa polifenol mampu membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan membantu mengurangi faktor risiko yang terkait. Anggur bermanfaat dalam mengobati hipertensi dengan membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dan mengatur kadar glukosa.

3. Habbatussauda (Jinten Hitam)

Habbatussauda sudah banyak digunakan untuk pengobatan di seluruh dunia. Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadits dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda’, karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Habbatussauda kaya akan khasiat penyembuhan dan pengobatan seperti bermanfaat dalam pengobatan kanker, diabetes dan membantu gangguan hiperpigmentasi.

4. Zaitun

Dari Abu Usaid bin Tsabit Al Anshari radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

“Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah.” (HR. Tirmidzi no. 1852, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Manfaat buah zaitun dan minyaknya ini disebabkan oleh adanya asam oleat yang terbukti efektif melawan sel kanker tertentu. Selain itu, Konsumsi buah zaitun secara teratur mengurangi risiko pengembangan rheumatoid arthritis, memperbaiki kondisi penderita penyakit autoimun dan menjaga metabolisme glukosa.

5. Madu

Madu merupakan obat alami untuk hampir semua penyakit mulai dari masalah perut, masalah nafsu makan hinggu mengendalikan dahak. Dari Ibnu Abbas dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ

“Terapi pengobatan itu ada tiga cara, yaitu; berbekam, minum madu dan kay (menempelkan besi panas pada daerah yang terluka), sedangkan aku melarang ummatku berobat dengan kay.”(Hadits no. 5681)


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus