3 Vitamin Ini Baik untuk Mata, Berikut Penjelasannya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 03/03/2021
 Photo by Adam Sabljaković from Pexels
Photo by Adam Sabljaković from Pexels

Oase.id – Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi agar berfungsi dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan mata. Kondisi seperti retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, glaukoma dan katarak, dapat berdampak besar pada kesehatan mata.

Dilansir healthline.com, 3 vitamin berikut ini akan membantu menjaga kesehatan mata;

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki peran penting dalam mempertahankan kornea sebagai penutup luar mata agar tetap baik. Vitamin ini juga merupakan komponen rhodopsin atau protein pada mata yang memungkinkan kamu melihat dalam kondisi kurang cahaya.

Pendiri Own It Nutrition Makayla Meixner menjelaskan jika mata kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit xerophthalmia atau biasa dikenal sebagai rabun senja. Kalau masalah ini berlanjut, maka saluran air mata atau mata bisa mengering dan berujung pada kebutaan.

“Konsumsilah makanan kaya vitamin A seperti ubi jalar, sayuran hijau, labu dan paprika. Asupan vitamin A dalam jumlah tinggi dapat menurunkan resiko katarak dan degenerasi makula,” Jelas Makayla.

2. Riboflavin

Riboflavin termasuk dalam vitamin B2 yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, termasuk pada mata. Dalam sebuah studi Diet and nuclear lens opacities, menemukan 31-51% penurunan risiko katarak ketika para peserta diet memasukkan 1,6-2,2 mg riboflavin per hari, dibandingkan dengan 0,08 mg per hari.

“Para ahli kesehatan merekomendasikan mengonsumsi riboflavin 1,1 - 1,3 mg per hari dengan mengonsumsi beberapa makanan untuk membantu mencapai jumlah tersebut,” Kata Makayla “Makanan yang dimaksud adalah gandum, susu, yogurt, daging sapi.”

3. Niacin

Niacin atau B3 bertugas untuk membantu mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh dan juga dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah penelitian baru-baru ini, menunjukkan bahwa niacin mampu berperan dalam pencegahan glaukoma, atau sebuah kondisi dimana saraf optik mata menjadi rusak.

“Jika anda mengonsumsi suplemen niacin perlu diperhatikan dosis setiap harinya, ketika mengonsumsi dalam jumlah tinggi akan menimbulkan efek buruk pada mata, seperti penglihatan kabur, kerusakan makula dan radang kornea,” jelas Makayla.

Untuk memenuhi sumber makanan yang mengandung niacin dapat mengonsumsi daging sapi, ayam, ikan, jamur, kacang tanah dan kacang-kacangan.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus