Cairan Disinfektan Bisa Dibikin Sendiri, Begini Caranya!

Medcom.id - Kesehatan 21/03/2020
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Oase.id- Masyarakat berbondong-bondong mencari disinfektan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Disinfektan bisa digunakan untuk membasmi kuman penyakit.

Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Arif Sumantri mengungkapkan masyarakat bisa membuat sendiri disinfektan. Cara pembuatan sangat mudah.

"Alternatif disinfektan menggunakan cuka yang biasa digunakan untuk (makanan) pempek atau asam," ujar Arif sebagaimana dilansir dari Medcom.id pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka, setengah cangkir air, dan 12-22 tetes minyak esensial. Minyak bisa berbahan kayu manis, cengkeh, atau jeruk nipis.

 

Sementara penggunaannya pertama-tama bersihkan dulu barang yang bakal disemprotkan dari debu. "(Setelah disemprot), bilas dengan lap," tutur dia.

Baca: Jangan Kebanyakan, Ini Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Berlebihan

 

Dia memaparkan cuka berperan sebagai disinfektan karena memiliki pH rendah sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Cuka juga tergolong antiseptik ringan.

Sementara, minyak esensial memiliki kualitas antibakteri, antijamur, dan antivirus. "Ini bisa menjadi preventif secara mandiri," kata dia.


(SBH)
TAGs: Kesehatan