5 Cara ini Ampuh Membuat Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 29/03/2021
Gambar oleh DanFa dari Pixabay
Gambar oleh DanFa dari Pixabay

Oase.id - Tidur malam yang nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur akan berdampak negatif pada hormon sampai fungsi otak sehingga mampu menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan resiko penyakit baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk mengoptimalkan kesehatan dan mencoba untuk menurunkan berat badan, tidur malam yang nyenyak merupakan salah satu hal terpenting. Berikut beberapa tips agar membuat tidur lebih nyenyak di malam hari :

1. Atur Jam Tidur

Mungkin tampak menggoda, tetapi tidur sampai siang di hari Sabtu hanya akan mengganggu jam biologis kamu dan menyebabkan lebih banyak masalah tidur. Cobalah tidur pada waktu yang sama setiap malam, bahkan pada akhir pekan, hari libur, dan hari-hari libur lainnya.

2. Hindari Tidur Bersama dengan Binatang Peliharaan

Kamu mungkin bahagia apabila tidur ditemani oleh binatang peliharaan, karena bisa bermain dengan mereka sebelum tidur. Tapi, seperti dilansir Healthline, hasil penelitian menunjukkan bahwa para pemilik hewan peliharaan yang membiarkan peliharaannya tidur bersama mereka justru kerap mendapatkan gangguan tidur, sehingga kualitas tidurnya lebih rendah.

3. Ubah Menu Makanan Kamu

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat, menjelang malam. Hindari makan makanan berat atau pedas sebelum tidur karena ini dapat mengganggu waktu tidur kamu (gangguan pencernaan atau bahkan jantung). Yang juga perlu diingat adalah, selesaikan makan kamu beberapa jam (minimal 2 jam) sebelum tidur.

4. Kurangi Penggunaan Ponsel & TV

Kebanyakan dari kita biasanya menggunakan ponsel atau menonton televisi saat beranjak tidur. Harapannya, agar mata lebih cepat lelah sehingga bisa tidur lebih cepat. Tapi ini salah. Justru, cahaya terang yang terpancar dari layar ponsel atau tv justru menstimulus otak untuk tetap bekerja yang ujung-ujungnya justru membuat kamu lebih sulit tidur. Kamu dianjurkan untuk meletakkan ponsel dan mematikan tv satu jam sebelum naik ke tempat tidur.

5. Gunakan Tempat Tidurmu untuk Tidur Saja

Tempat tidur kamu hendaknya hanya digunakan untuk tidur. Jangan melakukan aktivitas lain di tempat tidur, seperti menonton tv, bekerja atau makan. Ketika kamu terbangun di malam hari, jangan menyalakan tv atau ponsel. Sebaiknya, lakukan sesuatu yang menyejukkan seperti meditasi atau membaca, sampai kamu merasa mengantuk lagi. Terakhir, suasana kamar yang redup juga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus