7 Cemilan Ringan untuk Menjaga Tubuh Tetap Berenergi dan Produktif di Kantor

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 27/05/2021
 Photo by Mehran B from Pexels
Photo by Mehran B from Pexels

Oase.id - Biasanya orang akan mudah lapar saat sedang mengerjakan sesuatu yang melelahkan, dan mereka akan segera mengonsumsi sesuatu yang mudah dan cepat tanpa memikirkan nutrisi yang terkandung. Tahukah, bahwa mengonsumsi camilan bergizi selama hari kerja dapat membantu tubuh tetap berenergi dan produktif.

Namun, mendapatkan ide untuk camilan yang mudah disiapkan, sehat, dan portabel bisa jadi sulit. Disini Oase.id merekomendasikan 7 camilan ringan yang cocok untuk menunda lapar saat di kantor:

1. Kacang dan buah kering

Dilansir dari healthline.com, kacang dan buah kering merupakan campuran camilan yang sehat dan tidak mudah busuk. Makanan ringan ini memiliki keseimbangan yang baik antara ketiga makronutrien, dengan lemak sehat, protein dari kacang-kacangan dan karbohidrat dari buah kering. Terlebih lagi, kedua makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung dengan serat tinggi yang dapat membantu tetap kenyang di antara waktu makan.

2. Apel dan selai kacang

Irisan apel dengan selai kacang alami menjadi camilan yang lezat dan memuaskan. Selai kacang menyumbang protein dan lemak sehat, sedangkan apel kaya akan serat dan air, membuatnya sangat mengenyangkan. Faktanya, 1 apel ukuran sedang (182 gram) mengandung lebih dari 85% air dan memiliki lebih dari 4 gram serat.

3. Greek Yoghurt

Yoghurt jenis ini dibuat tanpa pemanis dan pastinya mengandung protein yang lebih tinggi daripada yoghurt biasa. Dalam 6 ons (170 gram) yogurt greek tanpa lemak memiliki 17 gram protein hanya untuk 140 kalori. Plus, itu sarat dengan kalsium, mineral yang penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Untuk menikmati yoghurt bisa ditambahkan buah atau kacang-kacangan.

4. Edamame

Edamame merupakan kedelai yang belum matang dan bisa dinikmati dengan cara dikukus, dimasak, hingga dikeringkan. Kedelai ini mengandung protein nabati dengan kualitas tinggi, faktanya protein yang terkandung dalam edamame ini sama dengan protein dalam daging sapi. Kacang keledai ini juga memiliki manfaat untuk mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

5. Popcorn

Cemilan bergizi satu ini kaya akan serat dan rendah kalori. Dalam 16 gram, popcorn mengandung 62 kalori, 12 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan beberapa vitamin mineral lainnya. Selain itu, kandungan antioksidan polifenol dalam popcorn dapat membantu melindungi tubuh dari kondisi kronis.

6. Keripik sayuran panggang

Keripik sayuran yang dipanggang atau dikeringkan adalah camilan sehat yang dapat disimpan untuk waktu yang lama. Membuat keripik sayuran sendiri akan mengontrol penggunaan bahan tambahan. Dengan cara Iris tipis ubi jalar, bit, wortel, zucchini, atau lobak dan olesi dengan sedikit minyak zaitun. Panggang di atas loyang berlapis pada 225 ℉ (110 ℃) selama kurang lebih 2 jam, dan keripik siap dinikmati.

7. Smoothie hijau

Smoothie hijau adalah cara mudah untuk menikmati camilan bergizi saat bekerja. Membuatnya dengan bayam, pisang beku, sesendok selai kacang, bubuk protein, dan susu nabati atau susu sapi. Ini memberikan keseimbangan yang baik antara serat, protein, dan lemak sehat, menjadikan smoothie yang mengenyangkan.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus