Kaitan Tanaman dan Hadis: Baik untuk Kesehatan dan Bisa Jadi Sumber Sedekah

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 05/04/2021
Gambar oleh Milada Vigerova dari Pixabay
Gambar oleh Milada Vigerova dari Pixabay

Oase.id - Berkebun di dalam ruangan menjadi popular belakangan waktu ini, karena dianggap berguna untuk menjadi desain interior sebuah ruangan. Selain itu, banyakan tamanan hias yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Dalam Shahih Al-Bukhari hadits no. 6012, dan shahih Muslim hadits no. 12-(1553)


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ‏

 "‏ مَا مِنْ مُسْلِمٍ غَرَسَ غَرْسًا فَأَكَلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ أَوْ دَابَّةٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَة"

Dari Anas bin Malik dari Nabi Muhammad ,  beliau bersabda:

"Tidaklah ada seorang muslim yang menanam sebuah pohon, lalu ada manusia atau makhluk melata yang memakan dari pohon tersebut melainkan menjadi sedekah baginya."

Hadits di atas menjelaskan sebuah keutaman bercocok taman dan bertani. Manusia wajib memberikan perhatian terhadap taman dan bercocok taman. Jangan membiarkan tanah yang subur tidak ditamani, dimana tanah tersebut adalah sumber rizki seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan tanam-tanaman herbal.

Berikut tiga manfaat yang diperolah dari tanaman dalam ruangan, dilansir dari heatlhline.com:

1. Mengurangi tingkat stres

Menurut Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor dapat membuat merasa lebih nyaman, tenang, dan alami. Dalam studi tersebut, peserta diberi dua tugas berbeda: merepoting tanaman hias atau menyelesaikan tugas singkat berbasis komputer lalu mengukur faktor biologis yang terkait dengan stres, termasuk detak jantung dan tekanan darah.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tugas komputer menyebabkan lonjakan detak jantung dan tekanan darah, sebaliknya bahwa tugas berkebun dalam ruangan menurunkan respons stres pada peserta. Peneliti menyimpulkan bahwa bekerja dengan tanaman dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.

2. Membantu pulih dari penyakit lebih cepat

Mampu melihat tanaman dan bunga dapat mempercepat pemulihan dari penyakit atau cedera. Dalam sebuah studi pada 2002 mengungkapkan bahwa orang yang pulih dari beberapa jenis operasi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit, dan memiliki masa tinggal di rumah sakit yang lebih pendek daripada orang yang tidak melihat tanaman hijau selama masa pemulihan mereka.

3. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi tahun 2007 menunjukkan bahwa orang dengan lebih banyak tanaman di ruang kerja mereka mengalami lebih sedikit hari sakit dan lebih produktif dalam bekerja. Selain itu, pada penelitan Effects of an indoor plant on creative task performance and mood 2004, para peneliti menantang orang untuk membuat asosiasi kata yang kreatif. Mereka memiliki kinerja yang lebih baik ketika terdapat tanaman ada di dalam ruangan.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus