Yuk! Gabung di Program SIAM, Curahkan Cerita dan Pengalamanmu Selama Ramadan

Sobih AW Adnan - Event Islami 24/04/2020
Photo by mentatdgt from Pexels
Photo by mentatdgt from Pexels

Oase.id- Ramadan 1441 H menghadirkan nuansa berbeda karena berada di tengah keprihatinan menjangkitnya pandemi korona (Covid-19) yang sedang mengancam masyarakat. Kesan ini pun, tentu akan melahirkan cerita dan pengalaman yang beragam pula di benak masing-masing orang.

Nah, kesan yang kamu dapat, penting untuk dibagi dan diceritakan kepada masyarakat luas agar bisa bermanfaat untuk sekadar saling memberi semangat, nasihat, menawarkan solusi, atau mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.

Sebagai wadahnya, platform digital Medcom.id menghadirkan program SIAM atau Sambut Iftar ala Medcom.id yang siap menampung keluh kesahmu menjalani ibadah Ramadan di masa pandemi.

Melalui talkshow santai bergaya obrolan anak muda ini, kamu bisa menjadi narasumber (narsum) yang akan berbagi cerita dan pengalaman selama Ramadan. 

 

Aturan main

SIAM digelar setiap hari selama Ramadan 1441 H dari mulai pukul 15.00-16.00 WIB. Tema yang disajikan dalam program ini juga beragam, dari mulai isu keagamaan, kesehatan, keuangan, hiburan dan kuliner, teknologi, sampai otomotif. 

Penanggungjawab program SIAM Ahmad Garuda menjelaskan, bagi kamu yang ingin menjadi narsum bisa langsung masuk ke room konferensi video Zoom yang tautannya akan dibagikan melalui banyak akun resmi media sosial milik Medcom.id beberapa saat sebelum acara dimulai. 

Baca: Ingin Download Jadwal Imsakiyah Ramadan 1441 H/2020 Versi Kemenag? Begini Caranya

 

"Nanti kami akan memilih 5 narsum berdasarkan keterwakilan dari berbagai wilayah di Indonesia," kata Garuda kepada Oase.id, Jumat, 24 April 2020.

Jika belum berkesempatan sebagai narsum, jangan khawatir. Garuda mengatakan, talkshow ini akan ditayangkan langsung melalui platform Youtube dan website Medcom.id.

"Jadi, teman-teman tetap bisa ikut menyimaknya di rumah," kata Garuda.

Selain mengundang kamu sebagai narsum, SIAM juga menghadirkan tokoh-tokoh muda dari berbagai kalangan yang siap melengkapi ceritamu. 

 

"Mereka berasal dari latar-belakang ustaz dan dai untuk dialog tema religi. Ada juga ahli perencana keuangan, pakar otomotif, psikolog, vloger, bahkan musisi," kata pria yang kerap disapa Uda ini. 

embed

 


Narsum tamu

Program SIAM edisi perdana akan dimulai pada Jumat, 24 April 2020 dengan menghadirkan narsum tamu Ustaz Khairi Fuadi. Dia adalah dai muda sekaligus pendiri Pusat Syiar dan Dakwah Al-Mahabbah.

"Untuk tema religi selanjutnya ada Ustaz Romzi Ahmad, Ustazah Muharini Aulia, Ustaz Rifqiel Asyiq, dan beberapa nama lainnya," kata Pengampu Kanal dan Program Ramadan di Medcom.id Githa "Oje" Farahdina.

Oje melanjutkan, setiap harinya, tema yang akan ditawarkan pun berbeda-beda. "Untuk hari edisi perdana, kami coba tawarkan tema sesuai pengalaman warganet di hari pertama Ramadan, yakni 'Salat Tarawih di Rumah atau di Masjid?" kata dia.

Untuk tema selain kajian keagamaan, SIAM bakal menghadirkan narsum tamu dengan nama-nama yang sudah dinilai cakap dibidangnya. Mereka adalah para pakar, pemilik perusahaan, dan influencer.

Baca: Batalkah Puasa Orang yang Menjalani Rapid Test dan Swab alias PCR?

 

"Untuk tema hiburan, insyaallah akan ada Cholil, musisi sekaligus vokalis Efek Rumah Kaca (ERK)," kata Oje.

Menariknya, di sepanjang tayangan SIAM akan disela-selai dengan aneka doorprize dan kuis. Alhasil, bersama SIAM, ngabuburitmu akan tetap berkesan meskipun tetap #DiRumahAja.


(SBH)
TAGs: Event Islami
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan