Musim Haji 2023 Bandara Saudi Melayani 3,2 Juta Penumpang

N Zaid - Haji 2023 10/08/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Arab Saudi menyatakan bahwa musim haji tahun ini berjalan sukses. Di musim haji tahun ini, bandara Kerajaan Arab Saudi melayani lebih dari 1,5 juta jamaah dan mengangkut 3,2 juta penumpang melalui 102 maskapai selama periode haji.

Jumlah penumpang selama musim haji tahun ini meningkat lebih dari 86 persen dibandingkan dengan tahun 2022, menurut pernyataan dari Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA).

Abdulaziz bin Abdullah Al-Duailej, presiden GACA, menekankan keberhasilan rencana operasional dan pencapaiannya yang luar biasa.

Al-Duailej menyampaikan apresiasinya kepada semua sektor yang berperan penting dalam mengelola arus jemaah haji di bandara secara efisien selama musim haji tahun ini.

Statistik penerbangan selama musim haji menunjukkan Indonesia sebagai negara teratas untuk jamaah haji masuk dan keluar. India menempati urutan kedua, diikuti oleh Pakistan, Bangladesh, dan Nigeria, menurut angka GACA.

Prakarsa “Haji Tanpa Tas” yang bertujuan untuk meningkatkan layanan bagi jemaah haji yang berangkat melalui bandara juga terbukti berhasil karena lebih dari 680.000 jemaah, yang mencakup 2.200 penerbangan, menangani lebih dari 1,148 juta tas.

Arab Saudi bertujuan untuk menjadi pemain terkemuka di sektor penerbangan Timur Tengah melalui strateginya untuk memperluas konektivitas udara ke 250 tujuan melalui bandara Kerajaan pada tahun 2030, sebagaimana tercakup dalam Visi Saudi 2030.


(ACF)
TAGs: Haji 2023