Sarapan ala Turki: Pesta Cita Rasa, Simbol Kebersamaan

N Zaid - Wisata Kuliner 30/09/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Kenikmatan dan keragaman sarapan ala Turki menawarkan salah satu pengalaman kuliner paling istimewa di dunia. Hidangan ini tidak hanya berfungsi sebagai pesta tetapi juga menciptakan momen tak terlupakan di mana keluarga dan teman berkumpul untuk berbincang panjang.

Di Türkiye, sarapan bukan sekadar rutinitas sehari-hari, sarapan sering kali menjadi santapan penting yang mempertemukan keluarga, teman, dan orang-orang terkasih untuk berbincang-bincang panjang lebar, dan kesempatan untuk memenuhi kerinduan. Faktanya, saya dapat mengatakan bahwa ini memiliki tempat yang sangat istimewa dalam budaya Turki.

Momen intim yang dibagikan di antara keluarga, teman, dan tetangga ini merupakan ekspresi sejati dari kebersamaan dan tindakan mendedikasikan waktu satu sama lain. Di Türkiye, pertemuan sarapan di meja besar biasanya dimulai pada pagi hari dan hampir berlangsung hingga tengah hari.

Berikut adalah beberapa item umum dan dasar yang ditawarkan di meja sarapan Turki:

Keju
Tidak diragukan lagi, salah satu pemeran utama sarapan ala Turki adalah keju. Meja sarapan tidak dihiasi dengan satu jenis keju saja, tetapi dengan berbagai macam keju di piring yang banyak. Meskipun keju seperti keju Ezine, tulum (sejenis keju yang berada di antara keju ezine dan keju kasseri), keju kasseri (disebut sebagai kaşar), dan keju kambing sering kali menjadi pusat perhatian, bergantung pada wilayahnya, terdapat banyak sekali jenis keju yang dapat dipilih.

Kue kering
Kue kering seperti börek, sejenis kue kering atau pai di Türkiye, baik diisi dengan keju, bayam, kentang, atau daging cincang, adalah puncak kejayaan meja sarapan. Simit yang renyah dan dilapisi wijen juga merupakan bagian penting dari sarapan saat bepergian dan sesi sarapan santai ala Turki yang berlangsung berjam-jam. Gözleme, kue tipis mirip phyllo yang dipanggang di kedua sisinya, kue kering, dan berbagai jenis roti gulung adalah beberapa kelezatan lezat yang menghiasi meja sarapan.

Zaitun
Jika Anda bertanya apa pendamping keju saat sarapan, saya pasti akan menjawab zaitun. Zaitun, termasuk varietas hijau dan hitam, adalah salah satu rasa terpenting yang menghiasi meja sarapan.

Telur
Salah satu hal penting di meja sarapan Turki adalah telur. Telur dapat diolah dengan berbagai cara sesuai preferensi individu di setiap meja sarapan. Beberapa orang mungkin memilih untuk merebus telur dan menyajikannya dengan garam, lada hitam, dan berbagai bumbu. Yang lain mungkin memilih telur dadar, sementara yang lain lebih suka menyajikan telur orak-arik dengan sucuk yang diiris tipis (sosis pedas khas Türkiye). Selain itu, telur memainkan peran penting dalam kenikmatan sarapan lainnya, menemen, yang merupakan perpaduan luar biasa antara telur, tomat, paprika, dan rempah-rempah.

Madu, krim kental
Madu dan krim kental, menciptakan semburan rasa di meja sarapan. Krim gumpalan, biasanya dibuat dari susu sapi segar dan sering disajikan dengan madu, terkadang disertai dengan berbagai macam selai. Ada banyak pilihan untuk mempermanis selera Anda di awal atau akhir sarapan. Di berbagai daerah, Anda bisa menemukan beragam selai yang menambah manisnya meja sarapan. Jika Anda berada di Türkiye, Anda mungkin menemukan bahwa selain selai klasik seperti stroberi, ceri, dan persik, selai juga dibuat dari bahan-bahan yang tidak terduga seperti semangka, susu, atau bahkan terong.

Selain selai dan madu, tahini dengan molase, selai kacang, atau selai kacang juga menjadi cita rasa nikmat yang menggugah selera di meja sarapan.

Teh Turki, kopi
Sarapan ala Turki tanpa teh sungguh tak terbayangkan. Setelah setiap rasa menari di lidah kita, seteguk teh, diseduh dalam teko dan disajikan dalam gelas ramping, memberikan sentuhan akhir yang sempurna.

Teh hitam, diseduh dalam teko, disajikan dengan gula bagi yang menyukainya. Teh wajib ada di meja sarapan Turki dan merupakan bagian tak terpisahkan dari percakapan dan berbagi. Terkadang, ada meja yang satu teko saja tidak pernah cukup.

Setelah menikmati semua rasa saat sarapan, dan bahkan ketika perut semua orang sudah terpuaskan, secangkir kopi Turki melengkapi meja sarapan.

Perbedaan wilayah
Pesona sarapan ala Turki tidak hanya berasal dari citarasanya, tetapi juga keragamannya. Meja sarapan dapat berbeda-beda di berbagai wilayah di Türkiye, berkat kekayaan geografis negara tersebut.

Saat Dailysabah sarapan pagi di rumah seorang teman yang berasal dari kawasan Laut Hitam, kami merasakan sentuhan Laut Hitam. Ada roti jagung di meja sarapan, makanan khas daerah Laut Hitam. Dan kemudian, ada kenikmatan Laut Hitam yang legendaris, "mıhlama", bubur yang dibuat terutama dari jagung, tepung, dan keju, yang menjadi bagian tak terlupakan dari sarapan.

Jika Anda sedang sarapan di meja teman dari Pantai Aegean, Anda mungkin menemukan rempah segar, minyak zaitun, dan makanan laut.

Dalam sarapan khusus Anatolia tenggara, Anda pasti akan menemukan tahini dan molase. Sebaliknya, sarapan di wilayah Anatolia tengah menawarkan rasa yang unik dengan lebih banyak buah-buahan kering dan kue-kue berisi pastırma (kombinasi seperti pasta pedas dengan rasa pedas berasap yang kuat).

Sarapan ala Turki adalah makanan kaya dan beragam yang memberi energi pada hari Anda. Ini berisi sayuran, buah-buahan, yogurt, dan probiotik. Ini bukan hanya sekedar makan tetapi pengalaman budaya yang menyatukan orang-orang. Penyajiannya artistik, dengan hidangan berwarna-warni. Ini memupuk komunikasi keluarga selama percakapan pagi yang panjang. Sarapan ini mencerminkan budaya, sejarah, dan keramahtamahan Turki, menjadikannya wajib dicoba saat berada di Türkiye.(dailysabah)


(ACF)