Surga dalam Al-Quran beserta Gambarannya

Octri Amelia Suryani - Surga Puasa Ramadhan Al-Quran 12/04/2022
ilustrasi Surga (congerdesign/Pixabay)
ilustrasi Surga (congerdesign/Pixabay)

Oase.id - Surga dalam bahasa Arab disebut al-Jannah yang diambil dari ungkapan al-hadiqah zatusy-syajar. Ungkapan tersebut mempunyai arti, kebun atau taman yang terdiri dari berbagai macam pepohonan.

Surga layaknya tempat terindah yang diinginkan setiap orang untuk dapat berada di sana. Namun, tidak semua orang yang dapat mencapainya. Seperti yang tercantum dalam firman Allah QS. Al-an'am ayat 127 yang berbunyi:

لَهُمۡ دَارُ السَّلٰمِ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ وَهُوَ وَلِيُّهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

Artinya: Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan. 

Sangat jelas bahwa surga diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa berbuat kebaikan. Allah yang Maha Baik selalu memberikan yang terbaik untuk umatnya yang senantiasa ingat kepada-Nya. Sebagaimana Sabda Rasulullah ﷺ:

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بشر

Artinya: Allah Swt berfirman: Aku telah menyiapkan  untuk hamba-hamba-Ku yang saleh sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia untuk hamba-hamba-Ku yang saleh. (HR. Muslim)

Selain hadis tersebut Allah juga berfirman dalam QS. An-nisa ayat 57:

وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَنُدۡخِلُهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَاۤ اَبَدًا‌ ؕ لَـهُمۡ فِيۡهَاۤ اَزۡوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّنُدۡخِلُهُمۡ ظِلًّا ظَلِيۡلًا

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Di sana mereka mempunyai pasangan-pasangan yang suci, dan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman.

Firman Allah yang lain juga termaktub dalam QS. As Sajdah Ayat 1:

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. 

Beberapa dalil di atas menggambarkan tentang betapa indahnya surga. Dari saking indahnya hingga sangat sulit untuk diumpamakan.

Kenikmatan surga yang diberikan oleh Allah SWT bersifat kekal. Dari sekian banyak kenikmatan tersebut, nikmat yang paling tinggi adalah dapat menyaksikan Allah. Seperti diterangkan dalam firman-Nya:

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ , إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

Artinya: Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri, memandang Tuhan-Nya. (QS. Al-Qiyamah: 22-23)

Meskipun pada dasarnya manusia tidak dapat menggambarkan surga dengan mudah, akan tetapi banyak sekali dalil-dalil yang menyebutkan tentang keindahan surga tersebut.

Gambaran tersebut diberikan agar umat muslim senantiasa mencari surganya Allah. Oleh sebab itu, merugilah bagi orang-orang yang mengabaikan surga Allah SWT.


(ACF)