Perjuangan Memulihkan Ingatan Historis Islam di Madrid

N Zaid - Fakta Unik 17/09/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Hachim Oulad Mhammed sedang membaca sebuah buku berbahasa Arab tentang sejarah kuno ketika dia pertama kali mengetahui bahwa Madrid memiliki asal-usul Islam.

Itu menggelitik rasa ingin tahunya dan dia mulai menyelidiki. Apa yang dia temukan, pada awalnya, mengejutkan: sekarang membangkitkan kebanggaan, dibebani oleh kesedihan.

Masyarakat Spanyol, secara keseluruhan, kata Oulad Mhammed, 36, seorang aktivis komunitas Madrid, tidak tahu banyak, jika ada, tentang warisan Islam di kota itu.

“Masa lalu jauh lebih beragam daripada yang bisa dibayangkan orang. Tidak semua konflik dan pertumpahan darah.

"Itu juga merupakan periode kerja sama, perdagangan, dan banyak hal menarik yang tidak terlalu terlihat dalam citra kolektif yang dimiliki orang Spanyol tentang Al-Andalus."

Mayrit: Sejarah yang sedikit diketahui

Al-Andalus adalah wilayah di bawah kekuasaan Muslim selama lebih dari tujuh abad, dari 711 dan 1492. Pada tingkat terbesar, itu mencakup sebagian besar semenanjung Iberia, termasuk Spanyol modern dan Portugal.

Didirikan sekitar tahun 865 oleh emir Umayyah Mohamed I, Mayrit - begitu Madrid pertama kali dikenal - adalah salah satu rantai kantong militer yang dibentengi di sepanjang perbatasan antara Muslim Al-Andalus dan kerajaan Kristen di utara.

Kota ini dinamai berdasarkan saluran air bawah tanah - kata Arabnya adalah mayra - yang diperintahkan Mohamed I untuk dibangun.

Pada akhir abad ke-11, orang-orang Kristen menaklukkan Mayrit, meskipun populasi Muslim yang cukup besar terus tinggal di kota sampai pengusiran Muslim Spanyol pada tahun 1609.

Ibukota sekarang menjadi rumah bagi sekitar 300.000 Muslim. Populasi Muslim Spanyol telah berkembang menjadi sekitar dua juta dalam beberapa dekade terakhir karena migrasi, dengan sebagian besar berasal dari Maroko, bersama dengan yang lain dari Aljazair, Nigeria, Senegal dan Pakistan. Banyak yang akhirnya menjadi warga negara Spanyol.

La Moreria, kawasan di mana umat Islam tinggal setelah penaklukan Kristen, sekarang menjadi lingkungan yang semarak, labirin jalan-jalan sempit berliku yang penuh dengan teras, bar tapas, kafe, restoran, dan gereja serta museum tertua di kota itu.

Istana Kerajaan, misalnya, berdiri di situs Alcazar (benteng) abad kesembilan Moor, yang dihancurkan oleh api pada tahun 1734.

Bagi Madrileno Aurora Ali, 39, juru bicara Asosiasi Muslim untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Madrid, memulihkan ingatan historis tentang asal usul Islam di kota itu adalah penyebab kegembiraan dan optimisme.

"Kita di sini. Kami melihatnya dalam arsitektur, tetapi kami entah bagaimana tidak diakui, dan kami diperlakukan sebagai orang asing, jadi ini adalah kontra-narasi yang sangat bagus, ”katanya.

Pengaruh para pendiri Muslim terlihat dari bangunan-bangunan mudejar tertua yang berdiri di kota itu dan sisa-sisa tembok abad kesembilan yang dilestarikan di sebuah taman yang tenang yang dinamai menurut nama penguasa pertama kota itu, Parque Mohamed I.

Gaya mudejar adalah hibridisasi budaya yang menggabungkan tradisi Islam dan pengaruh Moor dan elemen dekoratif ke dalam gaya arsitektur Eropa, yang dicirikan oleh batu bata halus dan ubin berlapis kaca.

Tetapi sebaliknya, hanya sedikit petunjuk yang terlihat dari masa lalu Muslim kota itu.

Memulihkan masa lalu
Upaya untuk memulihkan dan melindungi warisan Islam kota telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar di bawah arahan Yayasan Kebudayaan Islam Spanyol (FUNCI).

Encarna Gutierrez, sekretaris jenderal yayasan, mengatakan yayasan itu dikembangkan dengan keyakinan bahwa Spanyol perlu merangkul warisan multi-budayanya, dan bahwa pendidikan perlu berperan dalam pengakuan budaya ini.

Pada tahun 2017, yayasan ini bermitra dengan Complutense University of Madrid untuk mendirikan Center for the Study of Islamic Madrid (CEMI).

Pusat ini mempromosikan penelitian ilmiah dari perspektif sejarah dan arkeologi Madrid Islam abad pertengahan, dan bekerja untuk melindungi warisan Islam kota. Mendasari pekerjaannya adalah keyakinan bahwa pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu Islam Madrid dapat berkontribusi pada inklusivitas dan koeksistensi damai di masa sekarang.

“Semakin sedikit pengetahuan yang dimiliki orang, semakin mudah untuk memanipulasinya, dan semakin mudah untuk melihat budaya dan agama lain sebagai elemen asing, bukan sebagai bagian penting dari sejarah kita,” kata Gutierrez.

“Penolakan Islam di Spanyol terutama dapat dijelaskan oleh kurangnya pengetahuan yang dimiliki orang-orang terhadap topik ini.”

Daniel Gil-Benumeya, koordinator ilmiah di CEMI, menjelaskan bahwa mereka menawarkan kunjungan terpandu ke berbagai "tempat kenangan" Islam - situs di seluruh Madrid di mana tidak selalu ada peninggalan sejarah yang terlihat, tetapi memiliki makna khusus untuk warisan Islamnya.

Pusat ini juga meluncurkan serangkaian kuliah bekerja sama dengan Museum San Isidro. Ini akan segera menawarkan lokakarya dan kegiatan tentang aspek warisan Andalusi Madrid termasuk keahlian memasak, berkebun, keramik dan arkeologi.

Mitos dan sejarah yang diciptakan
Bahwa sejarah Islam Madrid tetap begitu sedikit diketahui sampai hari ini adalah karena dua alasan utama.

Yang pertama, kata Gil-Benumeya, adalah bahwa kota itu adalah ibu kota Spanyol, merangkum gagasan komunitas Spanyol yang dibayangkan – yang Katolik dan Eropa – dan semua mitosnya.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 1561, Raja Felipe II menjadikan Madrid kursi permanen istananya: segera setelah masa lalu abad pertengahan material dan simbolis kota dihapus untuk membangun ibu kota yang layak untuk kekaisaran yang sedang berkembang.

Bagian dari proses ini melibatkan penemuan beberapa mitos heroik yang berkaitan dengan sejarah Madrid - tetapi dengan demikian, asal-usul Islam kota itu ditekan secara radikal.

“Narasi ini tidak dapat dipertahankan dari sudut pandang ilmiah, tetapi berakar dalam pada imajinasi populer dan direproduksi oleh media dan institusi negara,” kata Gil-Benumeya.

Menurunkan periode Andalusi di Madrid ke "kurung belaka" dalam sejarah Spanyol telah mengakibatkan kurangnya minat umum, tambahnya.

Kedua, petunjuk visual bahwa Al-Andalus pernah ada sebagian besar tidak ada. Di Cordoba dan Granada di selatan, masa lalu Islam kota-kota itu tidak mungkin diabaikan atau disembunyikan.

Itu tidak terjadi di Madrid, di mana pengingat sebagian besar tidak ada dan Anda harus mencari tanda-tanda warisan Andalusi yang sedikit. Untuk mengatasi ini, tur mengandalkan narasi yang menghidupkan sejarah tersembunyi kota.

Ketidakpercayaan terhadap penerimaan
Pendekatan pemerintah kota terhadap asal-usul Islam yang terabaikan di Madrid telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Menyusul pemilihan koalisi kiri 2015 untuk menjalankan dewan Madrid setelah 24 tahun pemerintahan konservatif yang tidak terputus, pemerintahan baru menjadi lebih simpatik terhadap FUNCI dan upayanya untuk menyoroti masa lalu Islam kota itu.

Beberapa tahun terakhir juga terlihat pertumbuhan pesat dalam pariwisata halal, menawarkan peluang bagi pemerintah Madrid serta sektor swasta.

Pada tahun 2014, jurnalis Rafael Martinez mulai menawarkan tur jalan kaki berpemandu tentang sejarah Islam Madrid dan telah menyaksikan minat pada periode sejarah ini tumbuh dengan mantap sejak saat itu.

Tur tersebut merupakan evolusi alami dari situs web yang dia buat untuk membuat sejarah Andalusi di Madrid dapat diakses oleh audiens di luar akademisi.

“Saya mulai menerima banyak permintaan kunjungan untuk menunjukkan apa yang saya tulis. Meningkatnya minat dan keingintahuan orang untuk mengetahui akar mereka adalah kuncinya.”

Melalui tur tersebut, Martinez berharap dapat berkontribusi pada pengakuan dan normalisasi warisan Andalusia Madrid.

Sebagian besar klien Martinez adalah Madrilenos, meskipun minat di antara orang asing dan Muslim Spanyol di luar ibu kota meningkat.

Orang-orang yang mengikuti turnya, katanya, cenderung bersimpati dengan dunia Arab dan Islam, telah melakukan perjalanan melalui negara-negara mayoritas Muslim dan tertarik untuk belajar tentang asal-usul Islam dari kota terbesar di Spanyol itu.

Kebanyakan Muslim asing, katanya, tahu Madrid hanya sebagai tujuan sepak bola dan belanja dan tidak menyadari masa lalunya sejak awal.

Flora Saez, salah satu pendiri agen pariwisata halal yang berbasis di Madrid, Nur & Duha Travels, ingin mengubah itu. Dia mengatakan mereka selalu memulai tur Madrid dengan mengunjungi peninggalan Islamnya. “Tidak terbayangkan bagi kami untuk tidak membuat Madrid dikenal dari perspektif ini.”

Meskipun tidak memiliki monumen mengesankan untuk Al-Andalus, Saez mengatakan pengunjung masih tertarik untuk belajar tentang sisi kota ini.

Menemukan jejak Islam di beberapa tempat paling simbolis Madrid, seperti Plaza de la Villa, adalah, Saez menambahkan, merupakan pengingat yang tepat bahwa Al-Andalus jauh lebih luas daripada Andalusia saat ini.

Lihatlah masa lalu untuk masa depan
Ketika sayap kanan dan Islamofobia terus mendapatkan daya tarik di Spanyol dan di seluruh dunia, Gutierrez mengatakan FUNCI menganggap upayanya lebih penting daripada sebelumnya. “Kita perlu merangkul masa lalu kita dan bangga akan hal itu.”

Gil-Benumeya sependapat, dan mengatakan bahwa stereotip Islamofobia yang luas dan mengakar dalam masyarakat Spanyol memudahkan sayap kanan untuk mengandalkan versi tertentu dari sejarah abad pertengahan Spanyol untuk tujuan populis.

"The 'Moor' adalah yang terbesar 'lain', tetapi juga bagian dari 'kita'," katanya.

Dalam konteks ini, menciptakan ruang untuk membicarakan masa lalu Islam Madrid dan memberikan warisannya tempat yang layak dalam sejarah adalah langkah maju yang positif.

Ali mengatakan: “Ada banyak masyarakat sipil yang menginginkan kebenaran, yang ingin tahu dari mana mereka berasal, dan terbuka untuk semua ini.”

Ali berpikir upaya tersebut akan berdampak pada prasangka yang ada dan juga menunjukkan apa arti upaya tersebut bagi komunitas Muslim Madrid.

“Ini akan melegakan bagi umat Islam yang ada di sini karena pada titik tertentu, kami mungkin tidak terlihat sebagai orang asing.”(middleeasteye)


(ACF)
TAGs: Fakta Unik