5 Adab Seorang Murid Menurut Kitab Ta'limul Muta'allim

Phooby Kamaratih - Hukum Islam 10/06/2022
Gambar oleh Syauqi Fillah dari Pixabay
Gambar oleh Syauqi Fillah dari Pixabay

Oase.id - Sopan dan menghormati guru menjadi salah satu dari sekian banyak adab penting dalam mencari ilmu, dan kunci seseorang memperoleh ilmu yang berkah dan bermanfaat. Para Ulama terdahulu selalu menekankan dalam persoalan menghormati guru.

Dalam sebuah riwayat, Ibnu al-Mubarak mengatakan:

نَحْـنُ إِلَى قَلِيْــلٍ مِــنَ اْلأَدَبِ أَحْوَجُ مِنَّا إِلَى كَثِيْرٍ مِنَ اْلعِلْمِ

“Kita lebih membutuhkan adab (meskipun) sedikit dibanding ilmu (meskipun) banyak” (Syekh Syatha Dimyathi al-Bakri, Kifâyah al-Atqiyâ wa Minhâj al-Ashfiyâ, Dar el-Kutub al-‘Ilmiyah, h. 262).

Kitab Ta'limul Muta'allim salah satu kitab klasik yang membahas tentang adab seseorang dalam menuntut ilmu. Kali ini oase.id akan membahas tata cara menghormati guru, ada 5 hal yang harus diperhatikan, berikut penjelasannya!

Dalam kitab Ta’lim Muta’allim dijelaskan

ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج الأستاذ

"Bahwa termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di depannya; duduk di tempatnya; memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan darinya; berbicara macam-macam darinya; dan menanyakan hal-hal yang membosankannya. Cukuplah dengan sabar menanti di luar hingga ia sendiri yang keluar dari rumah."

1. Tidak berjalan di hadapan Guru

Salah satu cara menghormati guru yaitu tidak berjalan di depan guru atau tidak mendahului guru yang sedang berjalan. Jika hendak mendahului, hendaknya bungkukkan badan, menepi dan menundukkan pandangan ketika melewati guru.

2. Tidak duduk di tempat guru

Tidak duduk di tempat guru menjadi salah satu cara seorang murid menghormati guru.Tidak layak jika seorang murid menduduki tempat yang biasa seorang guru yang mengajar tempati. Walaupun ini merupakan hal kecil namun adab yang patut dijaga.

3. Mendahului guru berbicara

Mendahului atau memotong pembicaraan seseorang merupakan tindakan yang tidak baik. Jika ingin memulai pembicaraan sebaiknya meminta izin terlebih dahulu dan bila dipersilahkan baru mulai bicara.

4. Basi-basi kepada guru

Menanyakan hal yang tidak wajar hingga menyinggung menjadi perkara yang harus dihindari jika sedang bersama guru. Berbicara secukupnya, menjawab sesuai dengan pertanyaan guru, bisa dilakukan agar tetap menghormati guru.

5. Saat bertamu

Dalam Islam pun mengatur adab seseorang jika hendak bertamu, hal ini pun berlaku jika sedang bertamu ke rumah guru. Hal yang harus diperhatikan yaitu mengetuk pintu maksimal 3x, jika guru atau tuan rumah tidak keluar, maka dianjurkan pulang atau datang di lain waktu. Jeda mengetuk juga jangan terlalu sering, dan Jangan masuk, jika tidak dipersilakan.


(ACF)
TAGs: Hukum Islam