Masjid Biru, Satu-Satunya yang Lolos dari Penghancuran di Yerevan Armenia

N Zaid - Masjid 09/03/2023
absolutearmenia
absolutearmenia

Oase.id - Masjid Biru di Yerevan adalah salah satu tempat wisata paling populer di ibu kota Armenia dan salah satu yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Yerevan. Artikel ini merinci sejarah Masjid Biru dan semua yang perlu Anda ketahui sebelum kunjungan Anda ke tempat keagamaan tersebut.

Ringkasan Singkat Masjid Biru di Yerevan
Masjid sederhana dan bersejarah di Yerevan ini awalnya dibangun pada abad ke-18. Disebut Masjid Biru karena biru adalah warna dominan yang ditemukan di pintu masuk dan di ubin.

Meskipun tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi masjid yang mewah, karena tidak akan pernah bisa bersaing dengan masjid di Istanbul atau Teheran, bangunan ini tetap indah.

Pembangunan Masjid Biru dimulai pada abad ke-18 pada masa pemerintahan Persia atas Armenia. Masjid ini meniru masjid-masjid Persia, dan mengikuti tradisi cabang Islam Dua Belas Syiah.

Masjid Biru asli di Yerevan mencakup lebih dari 70.000 kaki persegi tanah utama, serta sekolah agama, halaman dalam, dan ruang pertemuan.

Saat ini, itu adalah satu-satunya masjid yang tersisa di Armenia. Yang lainnya ditinggalkan atau dihancurkan.

Sejarah Masjid Biru
Sejarah Masjid Biru di Yerevan agak tidak diketahui pasti. Pembangunannya diperintahkan oleh gubernur saat itu Hussein Ali Khan. Dia mewakili pemerintahan Persia di wilayah tersebut karena Armenia pernah berada di bawah kekuasaan banyak penguasa Muslim yang berbeda di masa lalu.

Pada tahun 1760, Masjid Biru pertama kali memulai konstruksi dan akhirnya dibangun sekitar tahun 1764-68 dan diresmikan ke publik tidak lama kemudian.

Pada saat Masjid Biru sedang dibangun, Yerevan hanyalah sebuah kota provinsi dengan sekitar 20.000 penduduk. Beberapa dekade setelah selesai, Yerevan dan Armenia Timur jatuh di bawah kekuasaan Kekaisaran Rusia setelah Perang Rusia-Persia tahun 1826-1828.

Saat perjanjian damai ditandatangani, sungai Arax menjadi perbatasan alami tempat berakhirnya pengaruh Rusia. Sungai ini adalah perbatasan yang sama sampai hari ini.

Di bawah pemerintahan Rusia, Yerevan mengalami pertumbuhan bertahap selama bertahun-tahun. Namun, banyak masjid lain perlahan mulai rusak dan akhirnya ditinggalkan.

Uni Soviet memiliki kebijakan sekuler yang sangat ketat. Ini berarti banyak lembaga dan bangunan keagamaan harus menghentikan upacara dan pekerjaan keagamaan. Ini meluas ke Masjid Biru juga. Selama pemerintahan Soviet, Masjid Biru menampung Museum Kota Yerevan.

Itu bisa dibilang alasan utama mengapa tidak bernasib sama dengan masjid lain di Yerevan. Pada tahun 1931, upacara keagamaan tidak lagi diizinkan, dan semua masjid lainnya harus ditinggalkan atau dihancurkan.

Lebih dari 10 masjid yang pernah ada di Yerevan. Masjid Biru adalah satu-satunya yang selamat dari kebijakan sekuler Soviet.

Setelah era Soviet
Begitu Uni Soviet runtuh, segera terlihat jelas bahwa Masjid Biru membutuhkan renovasi serius. Itulah mengapa upaya restorasi radikal yang sangat besar dilakukan secepat mungkin. Upaya itu didanai oleh Iran, tetapi tidak diterima dengan baik oleh para kritikus restorasi.

Meskipun diklaim bahwa semangat Islam asli tidak dipertahankan dan dikembalikan sebagaimana mestinya, ibadah agama Islam telah dilanjutkan di masjid. Karena merupakan rumah bagi Museum Kota Yerevan, museum tersebut akhirnya menerima bangunannya sendiri.

Masjid Biru di Yerevan sekarang terbuka untuk pengunjung setelah pemugaran selesai pada tahun 1999.

Masjid ini memiliki sejarah yang panjang dan penuh warna, seperti ubinnya yang berwarna biru langit. Pada 2018, Masjid Biru Yerevan dianggap sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Islam di Armenia Hari Ini
Armenia berbatasan dengan tiga negara Muslim (Iran, Azerbaijan, dan Turki), namun populasi Muslim negara itu tetap sangat kecil. Pada tahun 2011, ada lebih dari 800 Muslim di Armenia dari populasi 3 juta orang, sebagian besar berasal dari Iran dan beberapa negara tertentu lainnya.

Bisakah Anda Mengunjungi Masjid Biru di Yerevan?
Anda dapat mengunjungi Masjid Biru saat ini. Anda dapat melakukannya secara mandiri atau dalam tur jalan kaki di Yerevan. Masjid menawarkan istirahat yang tenang dari kehidupan kota dan memiliki halaman yang dipenuhi dengan bunga dan pohon dan bahkan ada pohon ceri dan aprikot di tempat tersebut.

Ini adalah tempat santai untuk berjalan-jalan dan menawarkan beberapa peluang foto yang fantastis.

Di dalam Masjid Biru, Anda akan menemukan berbagai aula yang sesekali menawarkan pameran. Kadang-kadang, pameran ini menampilkan seni dan kerajinan Iran. Di salah satu aula di Masjid Biru, seseorang dapat mengikuti kelas bahasa Farsi gratis.

Ada taman di dalam pintu masuk Masjid Biru. Taman-taman ini dipenuhi dengan berbagai bunga dan pohon. Ada air mancur dan bangku dan ini adalah tempat yang sangat santai dan dingin untuk menghabiskan satu atau dua jam jika Anda ingin melepaskan diri dari beban sensorik di jalan-jalan Yerevan.(absolutearmenia)


(ACF)
TAGs: Masjid