Mantapnya Influencer Kontroversial Andrew Tate Menerima Islam

N Zaid - Pergaulan Islam 18/12/2022
Andrew Tate. Foto Complex
Andrew Tate. Foto Complex

Oase.id -  Mantan Kickboxer Inggris-Amerika dan influencer  Andrew Tate membuat heboh Oktober lalu dengan pernyataannya bahwa ia telah masuk Islam. Tate sendiri dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Sebagai buktinya, ia diblokir dari semua platform media sosial awal tahun ini karena pernyataannya yang dianggap misoginis.

Lahir di Chicago dan dibesarkan di Luton, Tate sebelumnya menggambarkan Islam sebagai 'agama terakhir yang benar di dunia' dan dia sekarang telah mengkonfirmasi bahwa dia adalah seorang Muslim setelah video dirinya berdoa di sebuah masjid menjadi viral Oktober lalu.

Tate, yang memproklamirkan diri sebagai 'pelatih sukses', membuat pengumuman di salah satu akun media sosialnya yang tersisa bernama Gettr. “Inilah mengapa saya Muslim. Setiap orang Kristen yang percaya pada kebaikan dan memahami pertempuran sejati melawan kejahatan harus bertobat. Jadi bersabarlah, memang janji Allah itu kebenaran Quran 30:60,” bunyi catatannya.

Video viral itu memperlihatkan dia sedang salat di masjid bersama aktor Hollywood dan petarung MMA Tam Khan. “Alhamdulillah, untuk menerima interaksi yang luas dan kekaguman dari ribuan pengikut,” tulis Khan dalam video di situs media sosialnya.

Dalam komentar yang panjang, dia menjelaskan lebih lanjut alasan pertobatan Tate dan menjaminnya. “Brother Andrew sangat tulus dan hatinya bersama Islam. Izinkan saya mengklarifikasi beberapa hal. Mengapa saya merekam kami berdoa? Karena itu membantu untuk memposting kepositifan,” menekankan bahwa ini adalah pertama kalinya Tate berdoa.

“Andrew bisa saja mengatakan tidak, dia tahu ini bisa melukai situasinya yang sudah kontroversial di media sosial, tapi dia melakukannya sendiri. Demi Tuhan, itu adalah kunjungan khusus ke masjid. Hanya dia dan aku yang menginginkannya. Kami merencanakannya beberapa hari yang lalu, tapi hari ini dia mengingatkan saya untuk pergi,” kata Khan.

“Saya senang kami melakukan ini sehingga orang dapat melihat sisi aslinya, dan ini adalah pertama kalinya dia di masjid, dan cara yang bagus untuk memulai perjalanannya, saat kami pergi pada Sabtu malam ke masjid untuk berdoa, dan saya berbicara panjang lebar tentang Al-Qur'an, hadits dan tindakan Nabi Muhammad, semoga doa dan damai Allah besertanya, dan kesalahpahaman tentang Islam, dan sebagainya."

Ia mencontohkan, apa yang mereka lakukan adalah cara untuk memotivasi anak-anak kecil agar tidak merasa malu beragama dan beribadah. “Kami sepakat bahwa itu tidak boleh ditampilkan di podcast atau apa pun, karena orang akan mengklaim itu untuk pengaruh atau pengikut palsu. Tidak ada orang yang sempurna, tapi syukurlah dia memiliki hati yang baik dan niat yang murni,” kata Khan

Sebagai penutup, Khan meminta para pengikutnya untuk mengizinkan Tate mengumumkan berita seperti yang dia inginkan, menunjukkan bahwa mengubah gaya hidup bukanlah hal yang cepat, tetapi menerima kebenaran dan percaya bahwa itu perlu, karena hari esok tidak pernah dijamin.

Video viral 

Pada 24 Oktober, akun Twitter @CobraTateKING membagikan klip berdurasi 45 detik di mana Andrew Tate terlihat sedang salat di masjid. Tweet itu menjadi viral, menarik lebih dari 65.000 suka dan lebih dari 9.500 retweet.

Dalam video tersebut, Tate terlihat bersama mantan petarung MMA Tam Khan di sebuah masjid, kabarnya di Dubai, UEA. Khan tampaknya mengajari Tate tentang "sholat", doa Islami yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Khan juga memposting video itu ke akun Facebook-nya, di mana dia tampaknya mengonfirmasi bahwa Tate telah mengambil "syahadat", sumpah yang diperlukan untuk masuk agama.

Di hari yang sama, pengguna Twitter @waasim_ membagikan kutipan dari postingan media sosial terbaru yang dibuat oleh mantan kickboxer profesional tersebut, yang mengonfirmasi bahwa dia sekarang adalah seorang Muslim. Posting itu berbunyi:

Apa yang dikatakan Andrew Tate sebelum masuk Islam?
Pada 29 Juli 2022, kepribadian internet tampil sebagai bintang tamu di Full Send Podcast. Pada menit ke-39, pembawa acara podcast Salim Sirur ingin mengetahui pendapat Andrew Tate tentang Islam. Dia bertanya:

"Inilah mengapa saya Muslim. Setiap orang Kristen yang percaya pada kebaikan dan memahami pertempuran sejati melawan kejahatan harus bertobat. 'Maka bersabarlah, Sesungguhnya janji Allah adalah KEBENARAN.' Quran 30:60."

Apa yang dikatakan Andrew Tate sebelum masuk Islam?

Pada 29 Juli 2022, ia tampil sebagai bintang tamu di Full Send Podcast. Pada menit ke-39, pembawa acara podcast Salim Sirur ingin mengetahui pendapat Andrew Tate tentang Islam. Dia bertanya:

"Apa pendapat Anda tentang Islam dan lainnya? Karena saya tahu dalam Quran dan hal-hal seperti, Anda bisa memiliki hingga empat istri dan sebagainya. Jadi, saya telah melihat Anda membicarakannya sedikit, tapi saya ingin tahu seperti , bagaimana menurutmu? Apakah menurutmu itu agama yang benar?"
Influencer berusia 35 tahun itu memulai diskusi dengan mengklaim bahwa Islam adalah "agama terakhir yang benar di planet ini" dan berkata:

"Saya pikir itu adalah agama terakhir di planet ini. Saya pikir itu adalah agama terakhir. Jadi jika itu adalah agama terakhir yang benar di planet ini, itu harus menjadi yang benar. Ini adalah agama terakhir karena tidak ada agama lain yang memiliki batasan yang mereka tegakkan." . Jika Anda akan mentolerir segalanya, maka Anda berdiri untuk apa-apa. Jika buku Anda mengatakan, 'X,' tetapi Anda menolak untuk mengatakan buku mengatakan ini, saya tetap berpegang pada apa yang dikatakan buku itu. Tidak masalah apa subjeknya , kan? Saya tidak ingin berkembang."

Andrew Tate menegaskan bahwa "99% orang Kristen mengabaikan" setiap aturan di dalam Alkitab. Setelah Kyle Forgeard bertanya apakah "Umat Kristen memilih dan memilih apa yang ingin mereka pertahankan," jawab Tate dengan menyarankan bahwa "hanya Muslim yang mengikuti kitab mereka":

"Jika Anda seorang Kristen, 99% orang Kristen mengabaikan setiap aturan di dalam Alkitab. Setiap hari. Oh ya, mereka mencoba dan mengatakan saya menafsirkannya secara berbeda, 'Saya percaya pada tuhan,' tetapi Anda tahu, saya tidak' Saya tidak percaya pada bagian itu. Bukan itu yang dikatakan buku itu. Itu tidak mengabaikan separuh dari diri saya. Dikatakan, 'Ikuti saya.' Hanya Muslim yang mengikuti kitab mereka. Jadi mereka adalah agama terakhir!"

Pada menit ke 42:41 podcast, Andrew Tate mengklaim bahwa "orang tidak akan secara terbuka tidak menghormati Islam." Dia memberikan alasan untuk perasaannya dengan mengatakan:

"Orang-orang tidak berdiri dan secara terbuka tidak menghormati Islam, karena mereka takut! Jadi, sekali lagi, jika Anda tidak memiliki sistem pemerintahan dan doktrin dan kepercayaan dan nabi, yang orang takut untuk mengejeknya, apakah Anda bahkan sebuah agama? "Orang-orang tidak akan melecehkan Islam. Tidak ada yang akan melecehkannya karena mereka takut. Bahkan di negara Kristen; Maksud saya tidak melecehkannya dengan mengatakan sesuatu yang tidak sopan. Jika Anda bisa berjalan-jalan, jika Anda bisa memakai kaos bertuliskan, ' Yesus gay,' di sini di Kroasia, sebuah negara Kristen dan Anda akan berhasil keluar dari negara itu hidup-hidup."

Diskusi dilanjutkan dengan Andrew Tate menambahkan: "Saya menantang Anda untuk melakukan hal yang sama dengan nabi Islam. Saya tantang Anda untuk melakukan hal yang sama. Anda tidak akan membuat sebuah negara Kristen hidup, sebuah negara Islam hidup. Bahkan di negara-negara Kristen, Anda tidak diperbolehkan untuk lakukan itu! Anda tidak melecehkan keyakinan mereka! Tidak, Anda tidak melakukan itu!"
Andrew Tate dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu tokoh paling kontroversial di internet.

Dia dicabut platformnya awal tahun ini karena banyaknya sudut pandang polarisasi yang dia sajikan. Dia dilarang dari berbagai platform media sosial, termasuk Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube.


(ACF)