Menag Dorong UMKM Produk Halal Tanah Air Serbu Pasar Jepang

N Zaid - Produk Halal Halal Tourism 17/07/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Jepang adalah salah satu negara favorit wisatawan Indonesia. Tetapi persoalannya, berdasarkan pengalaman sejumlah pelancong terutama muslim, masalah makanan masih menjadi kendala. Tidak mudah menemukan makanan halal di Negeri Sakura itu. 

Kondisi itu tentu merupakan peluang bagi pelaku industri halal Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun optimistis produk halal Indonesia mampu menembus pasar Jepang. 

“Kemarin saya membicarakan beberapa peluang kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam konteks industri halal. Dan saya optimis industri halal Indonesia di masa mendatang dapat berkembang di Jepang,” kata Menag di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (16/7/2023).

Menag baru saja melangsungkan kunjungan ke Jepang. Dalam kunjungan kerjanya ke Negeri Matahari Terbit itu, Menag didampingi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham. Di sana Menag juga sempat bertemu dengan otoritas halal di Jepang serta Dubes Indonesia di KBRI Tokyo.

“Saya juga sudah bicara dengan Pak Dubes Heri Akhmadi. Kita akan membuat rencana-rencana ke depan untuk membuka peluang bagi UMKM Indonesia agar dapat memasukkan hasil produksi mereka ke Jepang, dalam konteks industri halal ini,” ungkap Menag.

“Saya kira ini menarik, karena Jepang juga merupakan salah satu destinasi wisata masyarakat Indonesia. Sementara kita lihat di lapangan, makanan halal ini masih susah didapat. Kalaupun ada, itu masakan ala Malaysia atau Pakistan,” imbuhnya.

Menag juga berkesempatan untuk memantau proses asesmen BPJPH terhadap dua Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di Jepang. Dua lembaga tersebut, adalah Japan Islamic Trust (JIT) dan Japan Muslim Association (JMA).


(ACF)