Nama Bayi Laki-Laki Muhammad Kembali Populer di London

N Zaid - Nabi Muhammad Saw 14/12/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Muhammad kembali menjadi nama bayi laki-laki paling populer di Inggris tahun ini, menurut data baru.

Statistik dari BabyCentre, yang dilansir The Mirror, menunjukkan hampir dua lusin nama Muslim untuk anak laki-laki dan perempuan masuk dalam 100 nama teratas untuk setiap jenis kelamin.

Nama-nama Muslim lainnya untuk anak laki-laki yang masuk dalam 100 teratas termasuk Ali, Abdullah, Ibrahim, Abdul, Musa, Ahmed, Yusuf, Omar, Zayn dan Hamzah.

Untuk anak perempuan, Layla menduduki puncak daftar nama muslim di urutan ke-31. Nama-nama populer lainnya termasuk Maryam, Fatima, Nur, Aisha, Zahra dan Raya.

Pada 2020, Kantor Statistik Nasional Inggris mengungkapkan nama Muhammad adalah nama terpopuler kelima untuk bayi laki-laki Inggris.

Mohammed dan Mohammad juga termasuk di antara 100 nama bayi laki-laki terpopuler di Inggris – peringkat 32 dan 74 – meskipun tidak ada yang mendekati ejaan Muhammad.

Noah, seorang tokoh penting dalam ketiga agama Ibrahim, adalah nama terpopuler keempat untuk bayi laki-laki Inggris.

Dua nama Muslim lainnya – Ibrahim dan Yusuf – masuk dalam 100 besar pada tahun 2020. Ketiga ejaan nama nabi, serta Yusuf dan Ibrahim, terus meningkat popularitasnya secara konsisten sejak tahun 1996, menurut data ONS.

Umat Muslim dari latar belakang etnis dan budaya yang berbeda mentransliterasikan nama Muhammad ke dalam bahasa Inggris dengan cara yang berbeda-beda, namun semuanya diberi nama untuk menghormati sosok yang paling dicintai Islam.

Meskipun dieja secara berbeda oleh kelompok yang berbeda, asal usul dan maksud di balik penamaan tersebut kemungkinan besar juga dimiliki oleh setiap budaya dan etnis yang menggunakannya.

Kemungkinan besar nama tersebut bahkan lebih populer daripada yang disarankan oleh peringkat ONS, namun metodologi pembagian nama berdasarkan ejaannya membuat tidak jelas secara pasti bagaimana peringkatnya dibandingkan dengan nama-nama teratas lainnya.

Nama populer lainnya untuk bayi laki-laki Inggris termasuk George, Oliver, dan Arthur. Anak sulung Pangeran William dan Kate Middleton bernama George, sedangkan nama tengah anak ketiga mereka adalah Arthur.

Sian Bradford, petugas statistik di ONS, mengatakan: “Budaya populer terus memberikan inspirasi untuk nama bayi, baik itu karakter dalam acara favorit kita atau selebriti yang sedang tren. Maeve dan Otis, karakter dari program ‘Sex Education’, mengalami lonjakan popularitas pada tahun 2020. Sedangkan nama Margot menanjak pesat sejak aktris Margot Robbie muncul dalam film ‘The Wolf of Wall Street.’”

Archie masuk ke dalam 10 besar nama bayi laki-laki — kemungkinan besar karena Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle memilih nama itu untuk anak sulung mereka.


(ACF)