Institut Turki Menggelar Pameran 'al-Asma al-Husna' di Istanbul

N Zaid - Basmalah 22/03/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Institut Teknis Beylerbeyi Sabancı Istanbul telah meluncurkan sebuah pameran berjudul "Nama Terindah: Al-Asma' al-Husna," menampilkan 99 nama Allah menggunakan seni marmer, keramik, dan sulaman tangan.

Pameran akan diadakan di Istanbul Tulip Foundation dari 24 Maret hingga 2 April dan akan ditampilkan nanti di dalam negeri dan internasional.

Pameran ini menampilkan seni marmer tradisional, sulaman, dan keramik, dengan nama-nama Allah yang dibordir dengan cermat di atas air, kain, dan tanah oleh para guru dan master institut tersebut. Selain itu, pameran ini menampilkan tekstil bermotif tulip, keramik, dan produk sulaman tangan yang diproduksi oleh institut tersebut. Pengunjung juga dapat mengikuti workshop bordir motif tulip, wood painting dan keramik selama pameran berlangsung.

Motif tulip dianggap sebagai pola yang paling umum digunakan di semua kerajinan tangan dari periode Ottoman hingga saat ini. Selain itu, tulip telah memainkan peran penting dalam seni Turki Anatolia sejak periode Seljuk, dengan banyak bangunan dan karya seni monumental di Istanbul yang dihiasi dengan figur tulip.

Tulip telah ada di mana-mana di berbagai media, termasuk marmer, miniatur, keramik, kain, dan bahkan dinding bangunan. Beberapa tokoh terkenal, seperti Sultan Ottoman Suleiman II, Selim I, dan Murat III, memiliki kaftan dengan motif tulip saja.

Institut Teknis Istanbul Beylerbeyi Sabancı, didirikan di Türkiye pada tahun 1945, adalah lembaga pendidikan nonformal yang berafiliasi dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran Seumur Hidup Kementerian Pendidikan Nasional.

Institut ini menawarkan pendidikan kejuruan dua tahun dan pelatihan keterampilan jangka pendek – melatih personel yang memenuhi syarat untuk sektor tersebut dan mentransfer masakan tradisional Turki, pakaian, dan kerajinan tangan ke generasi mendatang melalui penelitian, desain, produksi, dan promosi.

Sementara itu, Yayasan Tulip Istanbul didirikan pada tahun 2016 untuk meneliti dan mereproduksi spesies tulip, mempromosikannya di platform nasional dan internasional, meningkatkan kesadaran dan mengembangkan produksinya.

Fondasinya terletak di sebuah bangunan yang digunakan sebagai bangunan tambahan dari rumah besar yang dibangun di Emirgan Woods antara tahun 1871-1878. Museum di dalam yayasan memamerkan perkembangan tulip sebagai bunga dan tempatnya sebagai pola dari periode Ottoman hingga saat ini.(dailysabah)


(ACF)
TAGs: Basmalah