Hari-Hari Penting di Bulan Syawal

N Zaid - Bulan Syawal 19/04/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Syawal adalah bulan ke-10 dalam Kalender Islam, sebulan setelah Ramadhan, dan tanggal 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri bagi umat Islam.

Dari laman kemenag, disebutkan bahwa secara etimologi, arti kata syawal adalah peningkatan. Hal itu merupakan target ibadah puasa. Pasca-Ramadan diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat ketakwaan, seorang Muslim yang terlahir kembali seperti kertas yang masih bersih, sehingga di bulan Syawal ini kualitas keimanannya mengalami peningkatan. Tidak hanya kualitas ibadah, tetapi juga kualitas pribadinya, yang selama di bulan Ramadan dilatih secara lahir batin.

Berikut tanggal-tanggal Penting Di Bulan Syawal
1 Syawal : Idul Fitri
7 Syawal: Perang Uhud.
13 Syawal : Kelahiran Imam Bukhari.
25 Syawal: Perkawinan Jafar as-Sadiq (RA).

Puasa Syawal
hadits puasa syawal
Hari pertama Syawal adalah Idul Fitri. Sebagian kecil umat Islam melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal mulai hari setelah Idul Fitri karena puasa dilarang pada hari ini.

Puasa enam hari ini, bersama dengan puasa Ramadhan, sama dengan puasa sepanjang tahun. Pemikiran di balik kebiasaan ini adalah bahwa perbuatan baik dalam Islam dibalas 10 kali lipat; Maka puasa 30 hari di bulan Ramadhan dan 6 hari di bulan Syawal sebanding dengan puasa sepanjang tahun menurut pahalanya.

Para peneliti Syiah tidak menekankan enam hari yang berkelanjutan, sementara di kalangan Sunni, bagian yang lebih penting dari para peneliti Syafi`i menganggapnya amalan ini dilakukan secara berurutan.

Mereka membangun ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Tabarani dan lainnya di mana Muhammad shallallahu alaihi wasallam dicatat telah menyatakan, "Puasa enam hari berturut-turut setelah Idul Fitri menyerupai puasa sepanjang tahun." 

Sumber akademis konvensional lainnya di kalangan Hanafiyya dan Hanbaliyyah tidak menonjolkan hari-hari yang berurutan. Pada saat yang sama, kesimpulan paling mendasar dari Malikiyya mendukung enam hari dalam setahun, berturut-turut atau yang lainnya.

Keutamaan Syawal
Hari utama Syawal adalah Idul Fitri, hari perayaan ketika semua pelanggaran diampuni sebagai hadiah untuk puasa dan salat selama Ramadhan.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Bulan Syawal