Restoran Saudi yang Populer di London Bersiap Sambut Ramadhan

N Zaid - Kuliner 11/03/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Saat matahari terbenam di Jalan Edgware London selama bulan Ramadhan, distrik Timur Tengah yang terkenal di ibu kota Inggris ini menjadi semarak.

Di bagian jalan tersibuk, tak jauh dari Marble Arch, udara dipenuhi kapulaga dan jintan saat Ayman Al-Zubaidi memasak ayam seelag yang lezat, haneeth domba yang dipanggang perlahan, dan samboosek yang lembut dan bersisik, menggunakan resep keluarga yang diasah selama beberapa dekade.

Ini adalah Hijazi Corner, satu-satunya restoran Saudi di London, tempat sebagian dari 1,3 juta Muslim di kota itu berbuka puasa selama Bulan Suci.

Restoran, yang dilapisi karpet tebal dan panel jendela berornamen yang mengingatkan kita pada bangunan di distrik bersejarah Al-Balad di Jeddah, adalah satu-satunya tempat di ibu kota Inggris di mana warga Saudi dapat merasakan suasana rumah di bulan Ramadhan ini.

Al-Zubaidi, yang membuka restoran tersebut pada tahun 2023 setelah melihat kesuksesan besar dari mulut ke mulut di antara teman-temannya yang memesan hidangannya melalui Snapchat dan Instagram, mengatakan bahwa dia sudah memiliki meja yang dipesan untuk sepanjang bulan Maret – dengan maraknya perdagangan makanan dibawa pulang juga menjaga dapur restoran tersebut tetap sibuk.

“Banyak orang ingin makan di sini selama Ramadhan, dan bukan hanya orang Saudi saja,” katanya kepada Arab News.

Koki tersebut, yang besar di Jeddah sebelum pindah ke Inggris, berbagi keterkejutannya saat melihat salah satu pelanggan awalnya adalah orang Inggris dan muncul dengan mengenakan thobe tradisional bersama orang tuanya yang sudah lanjut usia dan 15 temannya di belakangnya.

“Dia telah menjelajahi kota dan desa di seluruh Arab Saudi dan ingin berbagi masakan kami dengan semua orang ini,” jelas Al Zubaidi.

Pemilik restoran mengatakan dia berharap semangat multikultural akan terus berlanjut sepanjang Ramadhan, ketika umat Islam di London akan berbuka puasa selama dua minggu pertama – meskipun perubahan jam untuk Waktu Musim Panas Inggris berarti waktu berbuka puasa akan dimajukan satu jam pada hari terakhir bulan Maret.

“Saat saya pertama kali pindah ke Inggris, hal itu merupakan tantangan karena malam musim panas yang panjang,” katanya. “Kami terkadang berpuasa selama 18 jam sehari. Namun seiring kalender bergerak kembali ke musim dingin, kami mulai terbiasa," katanya.

Di seberang kota di Villa Mamas, restoran bergaya rumahan Bahrain yang diluncurkan di Chelsea oleh chef Roaya Saleh pada tahun 2017, ruang makan akan ditutup hingga waktu berbuka puasa pada hari kerja, namun akan buka sepanjang hari seperti biasa pada akhir pekan untuk melayani mereka yang tidak berpuasa.

Vladislav Potehin, wakil manajer umum restoran tersebut, mengatakan ia memperkirakan perdagangan brunch akan sibuk seperti biasa di akhir pekan, dengan hidangan khas seperti ayam tagine dan muhallabia menjadi populer di kalangan penduduk setempat yang memesan meja beberapa minggu sebelumnya.

Pemahaman budaya terhadap Bulan Suci di ibu kota Inggris ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan lampu warna-warni yang mengucapkan “Selamat Ramadhan” kepada pengunjung di seluruh West End kota tersebut selama dua tahun berturut-turut.

Menurut Layla Hassanali, pendiri Halal Girl About Town, sebuah situs web yang didedikasikan untuk menemukan restoran halal terbaik di London, restoran-restoran tersebut juga telah menyesuaikan penawaran mereka.

“Satu dekade yang lalu, trennya adalah makan di rumah bersama keluarga dan pergi keluar bukanlah hal yang biasa dilakukan,” katanya.

“Selama bertahun-tahun, kini tidak lagi hanya restoran halal yang menawarkan kurma berbuka puasa, hingga restoran yang menyediakan menu buka puasa lengkap selama Ramadhan.

“Pemilik restoran akhirnya mengakui besarnya populasi Muslim di London dan itu adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilihat,” tambah Hassanali.(arabnews)


(ACF)
TAGs: Kuliner