Abas Anggota Jemaah Haji Terakhir yang Pulang dari Tanah Suci

N Zaid - Haji 10/09/2022
Pemulangan Abaa. Foto: Kemenag
Pemulangan Abaa. Foto: Kemenag

Oase.id -  Abas Bahtiar Abul Manan menjadi anggota jemaah haji yang terakhir pulang dari Tanah Suci. Sebelumnya, Ia harus menetap lebih lama di Arab Saudi karena  dirawat di rumah sakit.

Kepulangan Abas ke Indonesia diantar dua petugas dari Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah, yaitu Hasyim Bin Salim Hilaby dan Dadang Zaelani Danuuna. Ia diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat, 9 September 2022.

Dengan menumpang Saudia Airlines No Penerbangan SV 816, warga yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 3 Embarkasi Jakarta - Bekasi ini mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Sabtu (10/9) pagi.

"Alhamdulillah, haji atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan sudah kami antar pulang kembali ke Tanah Air, setelah menjalani perawatan di Arab Saudi," terang Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam.

Abbas Bahtiar merupakan haji 1443 Hijriah terakhir yang pulang ke Indonesia setelah dirawat di Arab Saudi. "Jadi, sudah tidak ada lagi jemaah haji 2022 yang di Tanah Suci," terang Nasrullah.

Abbas Bahtiar diantar pulang ke tanah air setelah dinyatakan laik terbang yang ditandai dengan terbitnya Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi.  Abbas diantar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring.

"Kita doakan, semoga semua jemaah haji Indonesia sehat berkumpul kembali dengan keluarganya," kata Nasrullah, dikutip dari laman Kementerian Agama.

Operasional ibadah haji 1443 Hijriah telah dinyatakan berakhir oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Agustus 2022. Sejak itu, masih ada delapan orang yang dirawat di RS Arab Saudi. Enam sudah pulang ke tanah air, dua wafat dan dimakamkan di Arab Saudi.


(ACF)
TAGs: Haji