Yang Perlu Diketahui tentang Gunung Arafah

N Zaid - Fakta Unik 08/09/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Gunung Arafah adalah sebuah bukit yang terletak sekitar 20 kilometer di sebelah tenggara Mekkah di Arab Saudi. Gunung ini juga dikenal sebagai Jabal Arafat atau Jabalar-Rahmah dalam bahasa Arab yang berarti 'gunung rahmat'.

Secara historis, Gunung Arafah penting bagi umat Islam karena bukit ini adalah tempat Nabi ﷺ berdiri ketika ia memberikan Khutbah e HajjadtulWIda, Khotbah Terakhirnya. Bukit ini sering disebut tempat di mana Adam dan Hawa bertemu di Bumi lagi setelah meninggalkan surga. Namun, kisah israiliyat (dibawa orang Yahudi yang masuk Islam), ini dinilai tidak valid.

Gunung Arafah juga penting bagi Islam selama haji tahunan, ritual suci ziarah. Pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah, jamaah haji meninggalkan Mina dan melakukan perjalanan ke Gunung Arafah. Karena itu, hari yang dimaksud dicap sebagai Hari Arafah dan hari itu juga merupakan hari terpenting haji.

Tanah di sekitar bukit itu disebut Dataran Arafht. Di sinilah sore hari dihabiskan pada hari Arafah. Ritual merupakan bagian integral dari haji karena haji dianggap tidak sah tanpa bagian ini.

Gunung Arafah tingginya sekitar 70 meter. Batuan di bukit ini adalah granodiorit, yaitu batuan beku yang mirip dengan granit dan terutama terdiri dari feldspar, kuarsa, muskovit, dan mineral lainnya.

Di sekitar Padang Arafah, berdiri sebuah masjid yakni Masjid Namirah. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyebut masjid tersebut terletak di perbatasan Kota Mekkah dan Arafah.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah memperluas masjid ini menjadi 124.000 meter persegi. Masjid yang terdiri dari dua lantai ini, mampu menampung hingga 300.000 jemaah. 
 


(ACF)
TAGs: Fakta Unik