Drone Digunakan untuk Tugas Medis Dalam Ibadah Haji

N Zaid - Haji 14/03/2024
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Otoritas kesehatan Saudi telah memutuskan untuk menggunakan drone untuk mentransfer darah selama musim haji tahun ini.

Portal berita Saudi Akhbar24 melaporkan, drone tersebut akan secara resmi digunakan untuk membawa unit darah dan sampel laboratorium di antara rumah sakit di tempat-tempat suci di lembah Mina dan Arafat, tempat ibadah haji tahunan mencapai puncaknya, pada musim mendatang.

Akhir tahun lalu, Kementerian Kesehatan Saudi melakukan latihan dengan Saudi Post (SPL) untuk mentransfer darah dengan menggunakan drone di antara tempat-tempat suci di dekat Mekah untuk memastikan kecepatan dan keamanan dalam layanan rawat jalan yang disediakan bagi para jamaah.

Keberhasilan latihan ini memberi lampu hijau bagi pelaksanaan proyek tersebut sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang tersedia bagi jamaah haji dan membantu menangani keadaan darurat selama pertemuan besar tahunan tersebut.

Teknik ini memotong layanan transportasi darah menjadi dua menit, bukan dua setengah jam jika diangkut dengan cara tradisional, kata laporan itu.

Hampir 2 juta jamaah haji dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji di dan sekitar Mekah tahun lalu, menandai kembalinya jumlah mereka ke tingkat sebelum pandemi.

Arab Saudi baru-baru ini mengungkapkan peraturan untuk musim haji mendatang yang dijadwalkan pada bulan Juni dan menekankan persiapan awal. Berdasarkan aturan ini, tidak ada lagi tempat khusus yang diberikan untuk negara-negara di tempat suci pada musim ziarah baru, kata Menteri Haji Saudi Tawfiq Al Rabiah.

Dia menjelaskan bahwa tempat untuk negara yang berbeda akan ditentukan tergantung pada penyelesaian kontrak.

Mekanisme baru ini bertujuan untuk memfasilitasi persiapan haji, sebuah kewajiban Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh umat Islam yang mampu secara fisik dan finansial.(gulfnews)


(ACF)
TAGs: Haji