Sekelompok Muslim Amerika Menuntut Penghentian Penggunaan Daftar Pantauan Rahasia FBI

N Zaid - Diskriminasi Islam 19/09/2023
Sekelompok Muslim Amerika Menuntut Penghentian Penggunaan Daftar Pantauan Rahasia FBI. Foto TRTworld
Sekelompok Muslim Amerika Menuntut Penghentian Penggunaan Daftar Pantauan Rahasia FBI. Foto TRTworld

Oase.id - Sebanyak 12 tokoh Muslim Amerika, termasuk walikota New Jersey, menggugat Departemen Kehakiman pada hari Senin dalam upaya untuk mengakhiri penggunaan daftar pantauan rahasia FBI yang mereka gambarkan sebagai “registrasi Muslim de facto.”

Gugatan tersebut, yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Massachusetts, menyatakan bahwa dengan memasukkan individu-individu tersebut ke dalam Kumpulan Data Penyaringan Teroris, pemerintah federal telah "menghukum" para penggugat "dengan kewarganegaraan kelas dua seumur hidup."

“Penempatan tersebut menunjukkan bahwa mereka layak untuk dicurigai secara permanen dan memberikan konsekuensi besar yang mengubah hampir setiap aspek kehidupan penggugat,” kata gugatan tersebut.

Pengadilan tersebut menuduh bahwa penggugat telah menderita kerugian, termasuk penghinaan di depan publik, pengawasan, pelecehan selama perjalanan, penolakan pekerjaan dan "diasingkan dari Amerika Serikat" dan mengatakan bahwa daftar itu sendiri adalah "registrasi Muslim de facto" dengan lebih dari 98 persen dari total populasi Muslim di dunia secara terbuka mengidentifikasi individu-individu di dalamnya sebagai Muslim.

Gugatan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa bahkan setelah seseorang dihapus dari daftar, mereka menderita dampak buruk seumur hidup.

“Stigma dan kerugian dari penempatan dalam daftar pantauan akan bertahan seumur hidup, bahkan jika terdakwa pada akhirnya memutuskan bahwa seseorang tidak memenuhi standar penempatan yang tidak jelas dan mencakup semua dan memilih untuk menghapus seseorang dari daftar pantauan,” katanya.

Diskriminasi terhadap umat Islam

Mereka menyebut Jaksa Agung Merrick Garland, Direktur FBI Christopher Wray, Direktur Dinas Rahasia AS Kimberly Cheatle, Asisten Jaksa Agung Divisi Keamanan Nasional Matthew Olsen, Direktur Intelijen Nasional Avril Haines dan lainnya sebagai salah satu terdakwa.

Saat berbicara kepada wartawan di kantor pusat kelompok advokasi Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) di Washington, D.C., staf pengacara Hannah Mullen mengatakan para penggugat “telah dimasukkan ke dalam daftar pantauan karena standar untuk memasukkan daftar pantauan hanya sekedar stempel yang tidak jelas, dan dalam praktiknya digunakan untuk menargetkan dan mendiskriminasi umat Islam.”

“Lebih dari 98 persen nama dalam daftar pantauan yang bocor pada tahun 2019 adalah orang-orang Muslim. Hal itu tidak terjadi secara kebetulan,” katanya.

“Pemerintah federal menganggap fakta menjadi Muslim adalah hal yang mencurigakan dan menempatkan orang-orang dalam daftar pantauan karena identitas Muslim mereka, keyakinan agama Islam, praktik keagamaan Islam, perjalanan ke negara-negara mayoritas Muslim dan faktor-faktor diskriminatif lainnya. Tak satu pun dari klien kami pernah didakwa atau dihukum karena kejahatan terkait terorisme,” tambahnya.

Nama-nama yang tersisa dalam daftar, sekitar 1-2 persen, terdiri dari orang-orang yang dihukum karena serangan teroris, termasuk pemboman sarin tahun 1995 di Tokyo, pemenjaraan para revolusioner Kolombia, dan seorang pembom Tentara Republik Irlandia, menurut CAIR.(trtworld)

Efek riak

Penggugat termasuk Prospect Park, Walikota New Jersey Mohamed Khairullah, yang tidak diundang dari perayaan Idul Fitri di Gedung Putih pada menit-menit terakhir bulan Mei, Michael Migliore, seorang Muslim Amerika yang tinggal di Arab Saudi, Nidal El-Takach, seorang penduduk Michigan, dan sembilan lainnya.

Berbicara kepada wartawan di New Jersey, Khairullah mengatakan dia belum diberitahu secara resmi mengapa namanya ada dalam daftar yang bocor, atau secara pasti diberitahu bahwa dia dicopot, dan mengatakan bahwa fakta bahwa mereka tidak diberi akses ke Gedung Putih menunjukkan bahwa daftar pantauan ini memiliki efek riak.

“Ini melanggar hak konstitusional saya sebagai orang Amerika untuk menjalani proses hukum karena ada orang di luar sana yang menganggap saya orang jahat,” katanya. “Ini disebabkan oleh pemerintah AS. Pemerintah AS perlu membersihkan nama saya dan nama orang lain yang dilecehkan dan diintimidasi.”


(ACF)