Jaga Kesehatan Jantung dengan Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 14/09/2021
 Photo by freestocks.org from Pexels
Photo by freestocks.org from Pexels

Oase.id – Menjaga kesehatan jantung merupakan perkara penting sejak dini, karena penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini dapat muncul pada usia produktif yaitu 35-45 tahun, hal ini dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidak ada aktivitas fisik, merokok, banyak mengkonsumsi makanan cepat saji.

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, seorang ahli bedah kardiotoraks Marc Gillinov, MD, merekomendasikan lima hal yang perlu dilakukan setiap hari untuk membantu jantung bekerja dengan baik dan sehat. Berikut penjelasannya :

1. Mengonsumsi lemak sehat, bukan lemak trans

Saat mengonsumsi makanan, tubuh membutuhkan beberapa jenis lemak, termasuk lemak jenuh dan tak jenuh ganda dan tak jenuh, namun tidak pada lemak trans. Lemak trans adalah lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak trans merupakan penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke seumur hidup.

Lemak ini juga akan menyebabkan arteri tersumbat dan tentunya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Membersihkan gigi dengan baik

Menjaga kesehatan gigi menjadi awal yang baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh termasuk pada jantung. Penyakit periodontal (gusi) seringkali menjadi faktor risiko penyakit jantung, hal ini dikaitkan dengan bakteri penyebab penyakit gusi yang mampu berpindah ke aliran darah dan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

3. Tidur yang cukup

Tidur menjadi perkara penting dalam menjaga kesehatan jantung. Jika seseorang tidak mendapat tidur yang cukup, kemungkinan risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi dan penyakit ini tidak memandang usia. Muda ataupun tua. Untuk itu, jadikanlah tidur sebagai prioritas dan tidurlah selama 7 hingga 8 jam di malam hari.

4. Jangan duduk terlalu lama dalam satu waktu

Kegiatan ini seringkali dilakukan oleh pekerja di kantor, duduk dan menghadap perangkat komputer lebih dari 5-6 jam tanpa berdiri. Tentunya saja hal ini akan meningkatkan risiko deep vein thrombosis atau pembekuan darah. Para ahli mengatakan, sangat penting untuk bergerak setiap hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan di kantor antara lain; memarkir kendaraan lebih jauh dari kantor, berjalan-jalan sebentar di lingkungan kantor dan ingatlah untuk berolahraga setiap hari.

5. Hindari asap rokok

Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian dini penyakit jantung dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun. Bahan zat kimia pada asap rokok, jika terhirup akan mendorong penumpukan plak di arteri.


(ACF)