5 Manfaat Mengonsumsi Alpukat dan Kreasi Olahannya

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 28/07/2021
 Photo by Thought Catalog from Pexels
Photo by Thought Catalog from Pexels

Oase.id – Alpukat merupakan buah yang memiliki daging bertekstur lembut yang tumbuh di iklim hangat. Buah ini menyediakan asam lemak tak jenuh yang sehat dalam jumlah yang besar tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, alpukat juga makanan yang padat nutrisi alami setidaknya mengandung hampir 20 vitamin dan mineral.

Banyak manfaat yang didapatkan oleh tubuh jika mengonsumsi alpukat. Dilansir dari bbcgoodfood.com, berikut 5 manfaat mengonsumsi alpukat secara teratur;

1. Melindungi Mata

Alpukat mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang merupakan bagian dari antioksidan, tentunya sangat penting untuk kesehatan mata. Dalam penelitian Lutein and zeaxanthin status and risk of age-related macular degeneration, menunjukkan bahwa penurunan drastis risiko katarak dan degenerasi makula, yang umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Maka, mengonsumsi alpukat akan menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

2. Kesehatan Jantung

Alpukat yang tinggi lemak tak jenuh tunggal sebanyak 60 persen, mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, buah alpukat merupakan sumber potasium, folat, dan serat dan semuanya bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular.

3. Menurunkan Berat Badan

Dalam setengah mangkuk alpukat memiliki 6 gram serat atau setara dengan ¼ serat dari kebutuhan harian tubuh, sehingga tubuh akan menahan nafsu makan berlebih dan kenyang lebih lama. Sebuah penelitian menunjukan bahwa diet menggunakan alpukat mampu membantu memangkas lingkar pinggang.

4. Pencegahan Osteoporosis

Setengah buah alpukat menyediakan setidaknya 24 persen dari asupan vitamin K dari kebutuhan harian. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Penting untuk menjaga kesehatan tulang, namun, makan makanan dengan vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium urin.

5. Mengurangi Risiko Depresi

Mengonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi dapat membantu mengurangi resiko depresi. Karena folat membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. Kelebihan homosistein juga dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

Kreasi makanan dari alpukat

Salad Alpukat

embed

Bahan – bahan

  • 4 lembar daun selada, cincang
  • 6 tomat ceri, dibelah dua
  • 2 lobak, iris halus
  • 2 daun bawang, iris halus
  • 50 gr mentimun, potong kotak kecil
  • 25 g daun peterseli daun datar, cincang
  • 25 gr daun mint, cincang kasar
  • 1 buah alpukat, potong-potong besar

Untuk dressingnya

  • siung bawang putih, geprek
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 2 sdm minyak zaitun

Proses pembuatan

Pertama, untuk saus, campur bawang putih yang dihancurkan dengan sedikit garam, jus lemon, dan minyak zaitun, sisihkan. Kedua, campurkan bahan salad dalam mangkuk, bumbui dan aduk dengan saus dan salad alpukat pun siap untuk disajikan dan cocok untuk sarapan di pagi hari.


(ACF)