Mezquita Cordoba Jejak Kejayaan Islam di Andalusia

N Zaid - Masjid 04/09/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Mezquita (Masjid) berasal dari abad ke-10 ketika Córdoba mencapai puncaknya di bawah seorang emir baru, Abd ar-Rahman III yang merupakan salah satu penguasa besar dalam sejarah Islam. Pada saat ini Córdoba, Andalusia Spanyol itu adalah kota terbesar dan paling makmur di Eropa, mengalahkan Bizantium dan Baghdad dalam sains, budaya, dan seni. Perkembangan Masjid Agung sejalan dengan ketinggian kemegahan baru ini.

Islam dan Kristen telah membentuk lanskap Andalusia, dan tidak ada bangunan yang mewakili pertemuan agama ini selain Masjid-Katedral Córdoba. Dikenal secara lokal sebagai Mezquita-Catedral, tidak ada tempat lain di dunia ini yang akan Anda temukan katedral yang dibangun di tengah-tengah masjid.

embed

Sejarah singkat Masjid-Katedral Córdoba
Masjid-katedral mulai hidup semata-mata sebagai masjid pada abad ke-8 setelah Córdoba jatuh di bawah kekuasaan Moor pada akhir abad ke-7. Sebelum pembangunannya, tanah tersebut diyakini telah menjadi rumah bagi sebuah gereja Kristen yang didedikasikan untuk Saint Vincent, seorang martir terhormat dari Spanyol, yang terkenal karena kesetiaannya pada iman Katolik.

Masjid memiliki tempat yang sangat penting di antara komunitas Islam al-Andalus selama tiga abad. Selama waktu ini Córdoba menjadi salah satu kota paling maju di dunia, dan masjid dipandang sebagai jantung dan fokus utama kota. Periode ini berlangsung hingga 1236, ketika kota Córdoba kembali berada di bawah kekuasaan Kristen.

Alih-alih merobohkan masjid sepenuhnya, sebagian besar untungnya tetap utuh selama penaklukan, namun demikian bangunan itu diubah menjadi gereja Katolik, yang berpuncak pada penyisipan bagian tengah katedral. Muslim dilarang berdoa di dalam dan meskipun ada kampanye dari Muslim di seluruh Spanyol sampai hari ini, itu tetap hanya tempat ibadah bagi umat Katolik.

Ini adalah keputusan yang sangat diperebutkan, tidak hanya bagi umat Islam, tetapi bagi mereka yang ingin melihat orang-orang dari agama yang berbeda berkumpul dan berdoa dengan damai bersama satu sama lain.

Arsitektur

 Mayoritas monumen adalah konstruksi arsitek Islam. Fitur seperti 856 kolom dan lengkungan tapal kuda simetris memberikan ilusi ruang tak terbatas, mirip dengan sensasi berjalan ke ruang cermin. Fitur-fitur inilah mengapa masjid dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur Islam terbesar di dunia.

Hari ini Mezquita de Cordoba (Masjid Cordoba) seperti yang biasa dikenal, atau Katedral Cordoba dapat dikunjungi sepanjang tahun dengan membayar tiket masuk. Menyusul perselisihan antara gereja dan kota atas nama bangunan di tahun 2010-an itu sekarang secara diplomatis disebut "Katedral Masjid Cordoba".(culturemap)


(ACF)
TAGs: Masjid