Pekerja Esensial dan Kritikal, Lakukan ini untuk Melindungi Diri saat Menggunakan Transportasi Publik

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 14/07/2021
 Photo by Keira Burton from Pexels
Photo by Keira Burton from Pexels

Oase.id – Saat ini pemerintah menetapkan bahwa hanya pekerja esensial dan kritikal saja yang diizinkan bekerja di kantor. Pekerja ini dituntut untuk terus memberikan layanan selama pandemi. Namun, sekarang sektor inilah yang berisiko tinggi terpapar Covid-19, karena pekerjaan mereka yang menuntut untuk bepergian yang justru meningkatkan peluang untuk menyebarkan atau terpapar Covid-19.

Untuk mencegah terpapar covid-19 saat sedang menggunakan transportasi terutama transportasi publik, Oase.id merangkum beberapa kiat berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention CDC yang dapat membantu mengurangi paparan virus :

1. Menggunakan masker

Imbauan menggunakan masker saat keluar rumah, terus menerus diinformasikan agar terhindar dari paparan covid-19. Saat menggunakan transportasi publik saat ini, penumpang diwajibkan menggunakan masker ganda. Kenakan masker yang menutupi hidung dan mulut saat di tempat umum atau dalam kendaraan umum. Kategori orang berikut ini dikecualikan dari kewajiban memakai masker :

  • Anak di bawah usia 2 tahun
  • Penyandang disabilitas yang tidak bisa memakai masker, atau tidak bisa memakai masker dengan aman, karena alasan terkait disabilitasnya.
  • Seseorang yang mengenakan masker akan menimbulkan risiko terhadap kesehatan, keselamatan.

Masker yang digunakan juga membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda, jika tubuh terinfeksi tanpa menunjukan gejala.

2. Menjaga jarak fisik

Selama perjalanan, hindari keramaian dan menjauh setidaknya dua meter dari kerumunan. Semisalnya saat menunggu bus datang atau memilih tempat duduk saat di kereta.

3. Mempraktikkan kebersihan tangan dan etika batuk/bersin

Sebelum menggunakan alat transportasi apapun, cuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik atau gunakan pembersih tangan dengan alkohol minimal 60%. Begitupun ketika sampai di tempat tujuan. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan yang belum dicuci. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Buang tisu bekas ke tempat sampah dan segera cuci tangan.

4. Hindari makan atau minum di angkutan umum

Menahan diri dari makan atau minum di angkutan umum untuk memastikan penggunaan masker setiap saat. Jika Anda ingin makan atau minum setelah keluar dari transportasi umum, pastikan untuk mencari jarak setidaknya 2 meter dari orang lain. Mencari informasi tentang cara memakai dan melepas masker dengan aman sebelum makan.

5. Memiliki perbekalan yang memadai

  • Sebelum bepergian, siapkan tisu pembersih dan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol (jika tidak dapat mencuci tangan di tempat tujuan).
  • Bawalah masker tambahan jika masker Anda basah atau kotor.
  • kantong plastik yang dapat disegel untuk menyimpan masker basah atau kotor.


(ACF)