Tips Memilih Bahan Baju Renang untuk Hijabers

Phooby Kamaratih - Fashion Muslimah 04/03/2021
Gambar oleh David Mark dari Pixabay
Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Oase.id – Renang adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, terutama untuk pernapasan dan otot. Namun, bagi beberapa perempuan muslimah, olahraga renang agak sulit dilakukan karena mereka kesulitan menemukan pakaian renang yang cocok dan sesuai dengan syariat Islam.

Dalam Islam, perempuan muslim --yang sudah baligh-- wajib menutup aurat. Adapun, batasan aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangannya. Maka dari itu, perempuan muslim cukup kesulitan untuk menemukan baju renang yang sesuai dengan ketentuan di atas.

Selain model pakaian, hal yang tak kalah penting adalah pemilihan bahannya. Bahan baju renang yang disarankan untuk perempuan muslimah adalah; berbahan kain lentur sehingga mampu mengikuti gerakan tubuh di dalam air. Sama seperti busana lainnya, baju renang pun memiliki beberapa bahan yang bisa menjadi referensi untuk digunakan saat berolahraga renang.

Ada 3 jenis bahan yang biasa digunakan untuk baju renang untuk para hijabers :

1. Kain Lycra

Industri pakaian renang banyak yang memilih bahan lycra untuk dijadikan baju renang karena jenis ini dikenal nyaman dan lembut ketika dipakai. Lycra merupakan suatu bahan yang dibuat dengan campuran serat spandex dan serat yang lainnya. Dengan menggunakan jenis bahan ini umumnya mempunyai tingkat keawetan yang cukup lama, namun tergantung pada kualitas dari lycra tersebut.

2. Kain Nilon

Bahan nilon merupakan jenis material bahan dengan karakteristik yang kuat, ringan, dan elastik. Nilon juga memiliki daya serap air yang kecil sehingga bisa kering dengan cepat. Dengan menggunakan bahan ini perenang pun akan lebih nyaman dan leluasa di dalam air.

3. Neoprene

Satu lagi bahan yang bisa digunakan pada baju renang yaitu neoprene yang merupakan bahan sejenis kain sintetis dengan karakteristik seperti plastik, lentur seperti karet. Bahan neoprene menyediakan insulasi yang sangat baik terhadap dingin sehingga pemakainya dapat merasa tetap hangat saat melakukan aktivitas di dalam air. Dengan keunggulan ini akan membuat penggunanya lebih nyaman walaupun berenang untuk waktu yang lama.

Kaum muslimah tak perlu khawatir untuk mencari model seperti apa yang bisa digunakan karena model baju renang burkini cocok digunakan para perempuan muslimah. Baju renang burkini memiliki desain baju yang tertutup dan bisa digunakan segala bentuk tubuh meski serba tertutup namun sangat nyaman digunakan. Harga dari pakaian ini mulai dari Rp 200.000 - Rp 745.000.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus