Catat! Ini Perlengkapan yang Harus Selalu Dibawa Selama New Normal

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 08/06/2020
Photo by Majdi Fathi from Getty Images
Photo by Majdi Fathi from Getty Images

Oase.id- Penanganan pandemi korona (Covid-19) memasuki babak baru. Kali ini, Pemerintah secara resmi memberlakukan kebijakan New normal atau kenormalan baru demi masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup dan rutinitasnya, namun bisa terhindar dari risiko penularan. 

New normal bukan berarti membebaskan orang bergerak secara sepenuhnya. Ada syarat dan aturan tertentu, terlebih terkait dengan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, buat kamu yang hendak kembali menggeluti aktivitas luar ruangan selama new normal, jangan lupa pastikan perlengkapan berikut selalu tersedia di dalam tas;

 

Masker

Melalui unggahan Instagram @bnpb_indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganjurkan masyarakat agar menyiapkan “Tas Siaga Covid-19”. Salah satu barang penting yang harus tersedia dalam tas tersebut adalah masker. 

Yang dimaksud masker bukanlah hanya yang sedang dikenakan. Akan tetapi, perlu juga disediakan masker cadangan yang bersih dan dapat digunakan saat dibutuhkan. 

 

Selain masker utama dan cadangan, sediakan pula kantung yang bisa digunakan untuk menyimpan masker habis pakai.

Baca: Kenali, Ini 4 Ciri Kekebalan Tubuhmu Sedang Melemah

 

Hand sanitizer & sabun cair

Selama di luar ruangan, tetap upayakan menjaga jarak dan menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Atau jika dekat dengan jangkauan air mengalir, akan lebih baik mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Hindari pula menyentuh bagian wajah selama di luar ruangan.

 

Tisu

Baik tisu kering maupun basah wajib dibawa saat ingin melakukan perjalanan ke kantor atau berbelanja. Tisu menjadi alat yang praktis namun cukup penting untuk membersihkan tangan dalam waktu sementara. 

 

Perlengkapan makan 

Perlengkapan makan seperti sendok, garpu, sedotan, bahkan piring dan botol minum wajib dibawa para karyawan yang harus bekerja di kantor. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir penggunaan barang oleh banyak pihak yang sangat rentan dengan penyebaran virus. 

 

Baca: Yoghurt dan Stroberi, Perpaduan Baik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Perlengkapan ibadah

Sama halnya dengan perlengkapan makan, begitu juga peralatan ibadah. 

Bawalah sajadah dan mukena milik pribadi saat berada di kantor atau di masjid agar tetap mendapatkan rasa aman dan nyaman selama beribadah.


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan