Tips Merawat Kulit Wajah buat Kamu yang Baru Gede

Asda Mazhida - Tips Makeup 07/11/2019
ILUSTRASI: Remaja ceria/Garry/Oase.id
ILUSTRASI: Remaja ceria/Garry/Oase.id

Oase.id- Merawat kesehatan kulit sejak remaja merupakan hal yang amat penting. Tidak boleh sembarangan, dalam merawat kesehatan kulit seseorang tidak bisa dilakukan hanya dengan mencontek kebiasaan orang lain.

Perawatan harus menyesuaikan jenis kulit yang dimiliki. Terlebih, area wajah. 

Umumnya, ketika memasuki fase remaja, seseorang akan dihinggapi permasalahan pada kulit wajah. Saat pubertas, muncullah jerawat, komedo, dan permasalahan kulit lainnya.

Nah, berikut adalah tips merawat kulit wajah saat memasuki masa pubertas.

Pahami jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada kulit wajah kering, normal, berminyak, hingga kombinasi kesemuanya. Jenis kulit yang dimiliki bisa dideteksi cukup menggunakan tangan atau langsung berkonsultasi dengan dokter ahli. 

Jika sudah diketahui jenis kulit yang dimiliki, mulailah menyusun langkah perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan yang ada.

Bersihkan wajah

Jangan malas membersihkan bagian wajah. Pekerjaan ini tidak cukup hanya dilakukan saat hendak beraktivitas di pagi hari. Membersihkan wajah mesti rutin dilakukan minimal saat pagi dan malam hari. 

Sebelum memulai agenda harian, bersihkan wajah menggunakan micellar water yang dilanjutkan dengan facial wash. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit yang dimiliki remaja. Sebisa mungkin, produk yang digunakan sudah disesuaikan dengan jenis kulit dimiliki.

Membersihkan wajah secara rutin dan teratur dipercaya bisa menghindarkan remaja dari masalah jerawat, komedo, kulit kusam, dan lainnya. 

Menggunakan sunblock

Cuaca panas yang menyengat sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, terutama bagian wajah. Bagi para remaja, menggunakan sunblock meskipun sedang dalam beraktivitas di ruangan menjadi alternatif yang sangat baik dalam rangka menjaga area wajah agar tetap fresh.

Sunblock dipercaya dapat melindungi kulit dari jahatnya panas matahari dan dari sinar UVB dan UVA. Terlebih, saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

Menggunakan pelembab wajah

Selain sunblock, gunakan juga pelembab. Ini menjadi hal yang kian penting bagi remaja yang memiliki kulit kering. 

Bagi jenis kulit berminyak, menggunakan pelembab tetap disarankan. Meskipun kulitnya akan terasa lebih berminyak, tapi keumuman pelembab juga mengandung formula yang bisa mengurangi kadar minyak pada wajah. 

Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan pembersihan wajah menggunakan scrub. Produk ini juga bisa dipilih dan disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Proses eksfoliasi bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Rutinitas ini dilakukan minimal sekali dalam sepekan.

Masker 

Jika eksoliasi sudah dilakukan berkala dan teratur, maka nilai dan manfaatnya akan sebanding dengan menggunakan masker wajah. Akan tetapi, tetaplah manjakan kulit wajah dengan masker minimal sekali dalam seminggu.

Masker yang dimaksud bisa berupa produk langsung pakai yang banyak dijual di toko-toko, atau meramunya sendiri dengan bahan-bahan alami. Cobalah membuat ramu masker wajah berbahan tomat, kopi, putih telur, madu, jeruk nipis, hingga susu.

Minum air putih

Selain merawat diri dari luar, perawatan kulit remaja juga bisa dilakukan dari dalam. Dengan rutin meminum air putih dan tercukupinya kadar air dalam tubuh dipercaya membantu menjaga kesehatan kulit.

Meminum air putih secara rutin tidak cuma bermanfaat bagi kulit wajah, akan tetapi bisa berpengaruh baik pada keseluruhan tubuh. Banyak-banyak meminum air putih juga terbukti bisa menghindarkan diri dari ancaman penyakit.


(SBH)
TAGs: Tips Makeup
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan