5 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh saat New Normal

Phooby Kamaratih - Corona (Covid-19) 05/06/2020
Photo by Sarah Kilian on Unsplash
Photo by Sarah Kilian on Unsplash

Oase.id– Penerapan new normal bukan berarti kita bebas bergerak dengan mengabaikan protokol kesehatan. Kita harus tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan untuk mencegah penularan korona (Covid-19).

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan demi meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh selama penerapan new normal;

 

Jangan stres

Dilansir dari Beaumont.org, Dr. Mateo Valenti percaya bahwa mengurangi stres saat penerapan new normal menjadi komponen penting untuk menjadi kesehatan sistem kekebalan tubuh.

"Keadaan tubuh yang stres akan mengakibatkan kesulitan tidur yang dapat mengarah pada kelelahan dan kebiasan buruk lainnya. Dengan mengurangi stres, Anda dapat berfokus pada pola hidup sehat,” kata Valenti.

 

Jam tidur

Mungkin beberapa dari kita memiliki kebiasaan tidur yang berantakan semenjak semua kegiatan dilakukan dari rumah. Dengan memperbaiki pola tidur, maka akan memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat dengan baik setiap malam.

Baca: Sempatkan Minum Air Hangat, Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan 

 

“Tidur yang baik memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh dan dibarengi dengan pola makan yang seimbang dan baik,” kata dia.

 

Pola makan

Kebijakan new normal mengizinkan pekerja untuk kembali bekerja di kantor. Hal ini, tentu mengharuskan para pekerja harus lebih ketat menjaga pola makan demi menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Mengonsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak buah dan sayur yang mengandung zinc, vitamin D, mineral, dan vitamin lainnya bisa mendukung sistem kekebalan tubuh lebih kuat,” jelas Valenti.

 

Olahraga

Melakukan olahraga harian dengan waktu 30 sampai 60 menit atau mengerjakan aktivitas fisik dengan intensitas rendah hingga sedang akan membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

“Berolahraga tidak perlu berlebihan. Karena dengan olahraga yang terlalu banyak justru akan memberikan tekanan pada tubuh yang tidak semestinya,” kata Dr. Valenti.

Baca: 5 Tips Merawat Rambut bagi Hijabers Selama Karantina

 

Konsumsi air

Minumlah air mineral sesuai dengan anjuran kesehatan, yakni 8-10 gelas. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi dan memaksimalkan kekebalan tubuh. Hindarilah konsumsi minuman yang mengandung diuretik dan kafein.


(SBH)