Baik untuk Kesehatan, Ini Kandungan Pir Nashi

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 03/03/2021
Gambar oleh Eugenio Cuppone dari Pixabay
Gambar oleh Eugenio Cuppone dari Pixabay

Oase.id - Buah pir (pear) merupakan salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. Buah ini banyak disukai karena rasanya manis dan mengandung banyak air.

Buah pir tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis seperti di Eropa Barat, Afrika Utara dan juga Asia. Jenisnya pun bermacam-macam. Salah satunya adalah pir nashi (Pyrus pyrifolia) yang berasal dari Asia Timur. Negara-negara penghasil pir nashi di antaranya; Tiongkok dan Jepang.

Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, atau juga diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya sup buah. Selain bisa membantu melepas dahaga, pir nashi ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa kandungan pir nashi yang baik untuk tubuh:

1. Kalori dan Karbohidrat
Dilansir Healthyeating.sfgate.com, Peneliti Kanker dan Ahli Saraf di Kanada Sylvie Tremblay menjelaskan setiap buah pir nashi besar mengandung 116 kalori yang berasal dari kandungan karbohidrat.

Buah pir nashi juga mengandung glukosa yang berguna untuk menggerakkan otot-otot, sumber energi untuk otak dan sel darah merah, dan juga membantu menjaga suhu tubuh.

2. Serat
Menurut Institute of Medicine, setiap pir nashi besar mengandung hampir 10 gram serat makanan, yang kira-kira seperempat dari kebutuhan asupan serat harian untuk pria dan 38% dari kebutuhan asupan untuk wanita. Selain membantu untuk menangkal rasa lapar, serat juga membantu kadar gula darah dan menurunkan kolestrol.

"Serat dalam buah nashi juga melindungi anda dari diabetes, jantung dan menurunkan risiko kanker,” kata Syvlie.

3. Vitamin
Pir nashi mengandung vitamin esensial terutama vitamin C dan K yang mendukung kesehatan tulang. Vitamin C pada pir nashi membantu membuat kolagen, protein yang membuat tulang tidak terlalu rapuh. Sementara vitamin K memungkinkan tubuh untuk membuat protein yang dibutuhkan untuk mineralisasi tulang.

"Fungsi lain yang terkandung dalam pir nashi yaitu antioksidan vitamin C juga menjaga jaringan Anda tetap sehat, dan vitamin K memastikan bahwa Anda dapat membentuk gumpalan darah,” Jelas Sylvie.

4. Mineral
Mineral ini membantu mendukung gaya hidup aktif dengan membantu sel-sel menghasilkan energi. Mineral dalam pir nashi juga membantu menjaga jaringan agar kuat dengan memainkan peran dalam sintesis dan pematangan kolagen.

"Kandungan ini bagus untuk memelihara tulang dan otak Anda,” kata Sylvie.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus