Jangan Sembarangan Buang Masker dan Sarung Tangan Sekali Pakai, Ini Dampaknya!

Medcom.id - Lingkungan Hidup 25/06/2020
Photo by
Photo by

Oase.id -  Penggunaan masker dan sarung tangan saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup di tengah pandemi Covid-19. Saat ini masyarakat mulai beralih menggunakan masker kain yang bisa digunakan berulang kali.

Lalu bagaimana dengan masker dan sarung tangan bedah yang hanya bisa dipakai sekali? Kita harus memastikan dua benda tersebut dibuang dengan benar jika sudah tak terpakai, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Melansir Medcom.id, peneliti dari Scripps Institute of Oceanography di UC San Diego, Jennifer Brandon mengatakan bahwa kerap kali kita melihat orang membuang masker dan sarung tangan begitu saja di trotoar dan di jalanan, sesaat sebelum mereka masuk ke dalam mobil atau kendaraan lainnya.

Kebiasaan ini bukan hanya membuat kotor, tetapi juga akan menimbulkan masalah. Terutama jika masker dan sarung tangan tersebut masuk ke dalam saluran pembuangan akan menyebabkan saluran air tersendat sampai pencemaraan air di laut, sungai dan danau.

Hal ini juga akan menyebabkan penyebaran virus dan bakteri lebih mudah karena cara pembuangan masker dan sarung tangan yang tidak tepat.

“Jika di sekitarmu ada tempat sampah, biasakan untuk langsung membuangnya ke tempat sampah,” ujar Brandon.

Namun, jika tidak ada tempat sampah di sekitar kamu, Brandon menyarankan untuk tetap menyimpannya di dalam tas atau mobil dengan wadah yang tertutup selama 24 jam. Sampai virus atau bakteri yang ada di masker dan sarung tangan mati.

Membuang masker dan sarung tangan sembarangan juga bisa berdampak pada lingkungan. Menurut Brandon, hal ini bisa menjadi masalah karena masker bisa terlihat mirip seperti ubur-ubur jika sudah sampai di laut.

 

“Ubur-ubur menjadi makanan utama para penyu, tuna, ikan pedang, dan hiu. Dan hewan-hewan tersebut bisa menganggap bahwa masker yang ada di lautan sebagai makanannya karena mirip dengan ubur-ubur,” jelas Brandon.

Masker yang menjadi sampah di lautan juga bisa menjerat hewan-hewan laut atau bisa juga dimakan oleh anjing laut, berang-berang, dan singa laut. Sedangkan sarung tangan lateks yang dibuang sembarangan juga bisa merusak lingkungan.

“Warna sarung tangan yang cerah akan mengundang daya tarik para burung untuk memakannya. Sering waktu, hal ini akan menjadi masalah yang besar ketika sampah masker dan sarungan tangan ini terurai dan pada akhirnya menjadi makanan hewan yang lebih kecil,” tutup Brandon.


(FER)