4 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 04/03/2021
Gambar oleh Ylanite Koppens dari Pixabay
Gambar oleh Ylanite Koppens dari Pixabay

Oase.id – Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang menjadi salah satu faktor kesehatan mata dan dapat mengurangi risiko kerusakan pada mata. Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, nutrisi, mineral dan antioksidan mampu menangkal oksidan yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Dengan membatasi konsumsi makanan yang tidak diproses dengan baik atau mengandung lemak jenuh dan tinggi gula, dapat membantu menjaga kesehatan mata. Dilansir Healthline.com, berikut 4 makanan terbaik untuk kesehatan mata.

1. Ikan
Ikan, khususnya salmon mengandung gizi yang baik untuk kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 berkontribusi untuk memperkembangkan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata dan juga mencegah mata kering.

Untuk membeli salmon, pilihlah salmon yang berasal dari tangkapan liar karena mengandung lebih banyak omega-3 daripada salmon yang dibudidayakan.

2. Telur
Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan penyakit mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Sedangkan Seng berkontribusi pada kesehatan retina dan membantu mata melihat di malam hari.

3. Kacang Almond
Vitamin E yang terkandung dalam kacang almond baik untuk kesehatan mata. Vitamin ini melindungi dari molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Dengan mengonsumsi vitamin E sebanyak 15mg sehari, dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

Selain kacang almond, kacang-kacangan lain yang mengandung vitamin E ialah biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah. Namun, Ingatlah untuk selalu memperhatikan ukuran porsi dalam mengonsumsi kacang almond.

4. Wortel
Kandungan yang terdapat di wortel sama dengan yang terkandung dalam telur, yakni membantu mencegah infeksi pada mata. Untuk bayi dan balita, wortel bisa di rebus untuk menjadi cemilan di sore atau malam hari.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus