Niat Beserta Tata Cara Mandi Sunah Sebelum Salat Idulfitri

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Idulfitri 2021 12/05/2021
Gambar oleh Seregas dari Pixabay
Gambar oleh Seregas dari Pixabay

Oase.id - Tanpa disadari, semua mengalir begitu cepat. Hampir sebulan sudah kita berpuasa di bulan Ramadhan. Kini, kita bersiap menyambut datangnya hari kemenangan, hari Idulfitri 1442 H.

Takbir kemenangan akan segera dikumandangkan. Menandakan masuknya 1 Syawal, dimana pada pagi harinya kita akan melaksanakan salat Id atau salat Idulfitri.

Nah, sebelum melaksanakan salat Id, kita dianjurkan untuk membersihkan diri. Yakni mandi sunah Idulfitri. Hukum mandi sebelum salat Idulfitri adalah sunah. Jika dikerjakan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa.

Namun hal ini akan menjadi tambahan pahala jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Seperti tertulis dalam hadis yang diriwayatkan oleh Malik pada nomor 84 yang berbunyi:

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى

Artinya: Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Nafi' bahwa Abdullah bin Umar mandi pada Hari Raya Idulfitri sebelum pergi ke tempat salat Id." (HR. Malik, No-84)

Hadis di atas menunjukkan bahwa sahabat sebelum pergi ke masjid untuk menjalankan salat id, beliau mandi terlebih dahulu. Hadis lain juga mengatakan hal yang sama.

حَدَّثَنَا جُبَارَةُ بْنُ الْمُغَلِّسِ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ تَمِيمٍ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الْأَضْحَى

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Jubarah Al Mughallis berkata, telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Tamim dari Maimun bin Mihran dari Ibnu Abbas dia berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mandi pada hari raya Idulfitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah, No-1305)

Adanya dua hadis di atas sudah cukup jelas bahwa Rasulullah ﷺ dan sahabat melakukan hal yang sama sebelum melakukan salat Idulfitri.

Tata Cara Mandi Sunah Idulfitri untuk Laki-laki

1. Membaca niat salat mandi sunnah Idulfitri.

Perbedaan mandi ini dengan hari biasanya yaitu membaca niat yang ditujukan kepada Allah untuk menyucikan diri dari hadas besar. Ada pun niatnya sebagai berikut:

نَوَيْتُالْغُسْلَلِعِيْدِاْلفِطْرِسُنَّةًلِلهِتَعَالَى

Artinya: Aku niat mandi untuk merayakan Idulfitri sebagai sunnah karena Allah ta'aalaa.

2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir.

3. Membersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh, terutama pada sela-sela dubur dan kemaluan.

4. Berwudhu.

5. Mengguyur kepala.

6. Siram anggota badan.

Mulai menyiram anggota badan dari sebelah kanan terlebih dahulu. Disusul dengan menyiram anggota badan sebelah kiri. Masing-masing anggota tubuh lakukan sebanyak tiga kali siraman.

7. Membasuh rambut.

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh.

Gosok bagian tubuh dari atas hingga bawah, depan dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh.

Langkah terakhir adalah membilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir di mulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

Tata Cara Mandi Sunah Idulfitri untuk Perempuan

1. Membaca niat mandi sunah Idulfitri.

Sama seperti melakukan niat mandi haid dan nifas. Niat ini ditujukan kepada Allah untuk menyucikan diri dan menghilangkan hadas besar.

2. Mencuci tangan.

Sama seperti pria, lakukan cuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam ember atau bak air sebelum mandi.

3. Membersihkan kemaluan.

Bersihkan kemaluan dengan tangan menggunakan tangan kiri, bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang agar tidak ada kotoran atau bakteri dari anus yang masuk ke vagina.

4. Mencuci tangan kembali.

Setelah membersihkan kemaluan, bersihkan tangan kembali dengan menggosokkan tangan ke lantai atau dengan menggunakan sabun.

5. Berwudhu.

6. Menyiramkan kepala atau mengguyur kepala sebanyak tiga kali.

7. Membasuh rambut.

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh dari atas hingga bawah, depan dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh.

Terakhir bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir dimulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.


(ACF)