Berikut 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan Manfaat Kopi 13/11/2021
photo by burst from pexels
photo by burst from pexels

Oase.id – Semakin hari peminat kopi di Indonesia terus bertambah pesat. Tak hanya orang dewasa yang menikmati kopi, saat ini remaja pun sudah mulai menikmati kopi dengan berbagai varian yang disajikan di kedai kopi.

Indonesia sendiri terkenal dengan beberapa jenis kopi, seperti kopi Gayo dari Aceh, Kopi Flores Bajawa dari Nusa Tenggara Timur, Kopi Toraja dari Sulawesi dan masih banyak lainnya. Mengingat banyak sekali jenis kopi di Indonesia, adakah manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi kopi ?

Dilansir dari healthline.com, tingginya tingkat antioksidan dalam kopi menjadi salah satu manfaat yang diberikan untuk kesehatan. Untuk manfaat kopi lainnya, berikut Oase.id menyajikan 5 manfaat kopi bagi kesehatan:

BACA: 5 Makanan/Minuman Terbaik di Pagi Hari dan Manfaatnya

1. Membantu membakar lemak

Beberapa suplemen pembakar lemak yang beredar ditemukan kandungan kafein. Sebuah studi Metabolic effects of caffeine in humans: lipid oxidation or futile cycling? menyatakan bahwa  kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

2. Mengandung nutrisi esensial

Dalam kopi seduh ternyata mengandung banyak nutrisi yang berasal dari biji kopi. Dalam satu cangkir kopi mengandung:

  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari Referensi Asupan Harian (RDI).
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari RDI.
  • Mangan dan kalium: 3% dari RDI.
  • Magnesium dan niasin (vitamin B3): 2% dari RDI.

3. Dapat Melindungi Hatiembed

Organ hati merupakan organ luar biasa yang menjalankan ratusan fungsi penting bagi tubuh. Menariknya, kopi dapat melindungi hati dari sirosis hingga 80% lebih rendah, menjadikan peminum kopi tidak mudah terserang beberapa penyakit yang mempengaruhi hati.

BACA JUGA: Muslim Wajib Tahu! Ini Kriteria Makanan dan Minuman yang Diharamkan

4. Dapat Melawan Depresi

Depresi merupakan gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Beberapa penelitian, salah satunya sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang minum 4 cangkir kopi memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi. Hal ini menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena depresi dan secara dramatis dapat mengurangi risiko bunuh diri.

5. Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan pada kopi termasuk yang terbesar dan menjadi salah satu aspek diet yang sehat. Studi Contribution of beverages to the intake of lipophilic and hydrophilic antioxidants in the Spanish diet menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada gabungan buah dan sayuran.

Itulah 5 manfaat kopi bagi kesehatan para pecinta kopi, namun perlu diperhatikan batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi.


(ACF)