Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal: Arab dan Latin beserta Artinya

Octri Amelia Suryani - Doa Sehari-hari Dajjal 24/07/2021
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay)
Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay)

Oase.id - Salah satu tanda-tanda datangnya kiamat besar adalah munculnya Dajjal di muka bumi. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan Dajjal akan muncul. Namun di masa itu, manusia di muka bumi banyak yang terpengaruh oleh fitnah Dajjal. Dia mengaku dirinya sebagai Tuhan.

Rasulullah ﷺ telah mengabarkan tentang tanda-tanda alam saat kemunculan Dajjal. Dajjal dianggap menutupi kebenaran dan orang paling berdusta. Dajjal adalah seorang lelaki yang memiliki rambut keriting dan buta sebelah.

Dajjal yang digambarkan sebagai sosok makhluk akhir zaman ini memiliki satu mata. Dia akan membawa fitnah besar pada siapa pun. Dia pun memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memfitnah manusia agar dapat mengikutinya.

Seperti hadis Rasulullah ﷺ yang berbunyi:

إِنَّ مَعَهُ مَاءً وَنَارًا فَنَارُهُ مَاءٌ بَارِدٌ وَمَاؤُهُ نَارٌ فَلاَ تَهْلِكُوا

Artinya:Sesungguhnya bersamanya ada air dan api, apinya adalah air dingin dan airnya adalah api, karena itu janganlah kalian binasa.” (HR Bukhori dan Muslim)

Maksud dari hadis di atas adalah saat Dajjal menawarkan kenikmatan, sebenarnya itu adalah keburukan. Sedangkan keburukan yang ditawarkan adalah kenikmatan yang sesungguhnya. Dalam tipu daya yang dilakukan Dajjal, ia mengikutsertakan setan untuk membantunya.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ yang berbunyi:

وَإِنَّ مِنْ فِتْنَتِهِ أَنْ يَقُولَ لأَعْرَابِىٍّ أَرَأَيْتَ إِنْ بَعَثْتُ لَكَ أَبَاكَ وَأُمَّكَ أَتَشْهَدُ أَنِّى رَبُّكَ فَيَقُولُ نَعَمْ. فَيَتَمَثَّلُ لَهُ شَيْطَانَانِ فِى صُورَةِ أَبِيهِ وَأُمِّهِ فَيَقُولاَنِ يَا بُنَىَّ اتَّبِعْهُ فَإِنَّهُ رَبُّكَ

Artinya: “Di antara fitnah Dajjal adalah, ia akan berkata kepada seorang Arab, ‘Pikirkanlah olehmu, sekiranya aku dapat membangkitkan ayah dan ibumu yang telah mati, apakah kamu akan bersaksi bahwa aku adalah Rabbmu? ‘Laki-laki arab tersebut menjawab, ‘Ya.’ Kemudian muncullah setan yang menjelma di hadapannya dalam bentuk ayah dan ibunya, maka keduanya berkata, ‘Wahai anakku, ikutilah ia, sesungguhnya dia adalah Rabbmu.” (Shohih Al-jami’ ash-shagir)

Berdasarkan dari hadis-hadis di atas, manusia akan menghadapi situasi yang akan membuat mereka hancur. Oleh sebab itu, setiap manusia hendaklah meminta pertolongan kepada Allah Swt. 

Doa Memohon agar terhindar dari fitnah Dajjal

Untuk meminta pertolongan Allah, setiap manusia perlu berdoa. Dengan doa, harapannya bisa terhindar dari fitnah besar yang dibawa Dajjal. Terkait doa tersebut, Imam Muslim dalam kitab sahihnya menyebutkan riwayat Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع

Artinya: “Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal.”

Lalu beliau membaca:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Dengan demikian, marilah sama-sama amalkan doa tersebut agar kita semua terhindar dari fitnah Dajjal. Amin YRA..


(ACF)