Masjid Tertua di India dan Kisah Bulan Terbelah Dua

N Zaid - Masjid 15/01/2023
Masjid Cheraman Perumal Juma. Outlookindia
Masjid Cheraman Perumal Juma. Outlookindia

Oase.id - Masjid Cheraman Perumal Juma adalah masjid tertua di India terletak di Kodungallur, Kerala yang terletak 35 kilometer sebelah utara Kochi/Cochin, kota terbesar di Kerala.

Masjid ini dibangun oleh Sahabat Nabi Muhammad ﷺ yang merupakan pedagang dan memiliki hubungan dagang dengan Kerala bahkan sebelum dimulainya Islam.

Masjid bersejarah ini dibangun selama periode Madani Nabi Suci Muhammad ﷺ dan dianggap sebagai Masjid tertua di India dan Asia Selatan dan salah satu Masjid tertua di dunia. Dibangun oleh penguasa Kerala yang terkenal saleh, dermawan dan bijaksana, Maharaja Chereman Perumal.

Dikisahkan, Maharaja Chereman Perumal, yang merupakan orang yang sangat saleh melihat dalam mimpinya bahwa bulan terbelah menjadi dua bagian.

Dia memanggil semua astrolog terkemuka dari Kerala dan India untuk menafsirkan mimpinya dan mereka memberikan interpretasi mereka sendiri tetapi Maharaja Kerala yang agung tidak yakin.

Disebutkan, Nabi Muhammad  ﷺ meminta sahabatnya Habib ibn Malik dan istrinya Khumairiat Beevi untuk melakukan perjalanan ke Kodungallur, Kerala untuk bertemu Maharaja Chereman Perumal, penguasa Kerala yang saleh dan saleh dan mengundangnya untuk menemuinya di Madinah Munawwarah.

Habib ibn Malik dan istrinya Khumairiat Beevi, telah melihat diri mereka di Madinah Munawwarah yang membelah bulan (Shaqqul Qamar) menjadi dua bagian.

Ketika mereka bertemu Maharaja Chereman Perumal di Kodungallur, ibu kota Kerala pada masa itu, Maharaja Chereman Perumal bertanya kepada mereka tentang tafsir mimpinya di mana bulan terbelah menjadi dua bagian.

Mereka menjawab Maharaja Kerala bahwa saat dia melihat (dalam mimpi) bulan terbelah menjadi dua bagian adalah momen ketika Nabi Suci Muhammad ﷺ membelah bulan menjadi dua bagian. 

Hadits terbelahnya bulan telah diriwayatkan oleh sekelompok sahabat di antaranya: Abdullah bin ‘Umar, Hudzaifah, Jubair bin Muth’im, Ibnu ‘Abbas, Anas bin Malik, dan juga diriwayatkan oleh seluruh ahli tafsir. Dalam riwayat, disebutkan Rasulullah ﷺ ditantang untuk menunjukkan kenabiannya oleh penduduk Mekah, dan Beliau ﷺ pun berdoa untuk memohon bantuan Allah. Nabi ﷺ pun membuat tanda dengan telunjuknya ke arah bulan, hingga terbelah. Namun, mukzijat itu tetap disangkal oleh kafir Quraisy.

Maharaja Chereman Perumal menerima interpretasi mereka tentang mimpinya dan juga menerima undangan dari Nabi Suci Muhammad  ﷺ untuk menemuinya di Madinah Munawwarah, Hijaz Muqaddas.

Maharaja Chereman Perumal turun tahta dan melakukan perjalanan ke Madinah Munawwarah melalui laut.

Setelah bertemu dengan Nabi Suci Muhammad  ﷺ di Madinah Munawwarah, dia memeluk Islam di tangan Nabi Muhammad  ﷺ dan menjadi Muslim.

Setelah peristiwa bersejarah ini, beliau meninggalkan Madinah Munawwarah menuju Kodungallur, Kerala melalui jalur laut dan mencapai wilayah Dhaffar di Oman.

Di Dhaffar dia jatuh sakit dan selama kunjungan singkatnya di Dhaffar, dia mengirim banyak surat kepada penguasa dan administrator India yang sangat penting mengundang mereka untuk memeluk Islam.

Tapi dia meninggal selama periode Madani Nabi  ﷺ dan dimakamkan di Dhaffar (Oman).

Habib ibn Malik, Sahabat Nabi (ﷺ) teman dekat Maharaja Chereman Perumal membangun Masjid Chereman Perumal di Kodungallur, Kerala, India atas perintah Maharaja Chereman Perumal dan dia menamainya Masjid Chereman Perumal.

Habib ibn Malik dan istrinya tinggal di Kodungallur, Kerala dan mendakwahkan Islam di Kerala. Mereka tinggal dan meninggal di Kodungallur, Kerala dan dimakamkan berdampingan dengan Masjid Chereman Perumal di Kodungallur, Kerala India.


(ACF)
TAGs: Masjid