Bacaan Doa Ketika Merasa Takut

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari Doa ketika takut Palestina 30/12/2023
Foto ketika warga Palestina menghindari serangan militer Israel di Gaza (Gambar oleh hosny salah dari Pixabay)
Foto ketika warga Palestina menghindari serangan militer Israel di Gaza (Gambar oleh hosny salah dari Pixabay)

Oase.id - Saat ini, Palestina dihadapkan dengan musibah besar akibat serangan Israel. Serangan tersebut membuat warga Palestina merasakan trauma dan ketakutan yang mendalam. Untuk tidak takut dalam kondisi ini, penting untuk tetap berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah agar dihindarkan dari rasa takut.

Seperti diceritakan dalam riwayat kitab Sunan Abu Dawud dan Sunan Tirmidzi, dari Amru bin Syu’aib dari bapaknya dan dari kakeknya, ia mengatakan, Rasulullah ﷺ suatu ketika mengajarkan kepada mereka ketika tertimpa rasa takut.

Bacaan Doa Ketika Merasa Takut:

“Auddzuu bikalimaatllaahit taammati min ghodobihii wa syarri ibaadihii wa min hamazaatis syayaathiini wa an yahdhuruuni.”

Artinya:
“Aku berlindung dengan firman Allah yang sempurna, dari kemurkaan-kemurkaan-Nya, dari godaan syaitan dan ketika mereka akan datang kepadaku.”

Semenjak itu, Abdullah bin Amru mengajarkan putra-putranya yang sudah memasuki usia baligh dan belum untuk menuliskan doa tersebut dan ia mengalungkannya ke leher anak-anaknya agar tidak merasa ketakutan. Imam Tirmidzi juga mengatakan bahwa hadis ini baik (hasan).

Demikian doa yang dapat dibaca ketika merasa takut. Semoga selalu diberi perlindungan oelh Allah SWT dari rasa ketakutan.

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi
 


(ACF)