3 Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Octri Amelia Suryani - Ramadhan Puasa Doa Sehari-hari 21/04/2022
Doa Gambar oleh chiplanay dari Pixabay
Doa Gambar oleh chiplanay dari Pixabay

Oase.id - Bulan Ramadhan jadi momen untuk menumpuk amal kebaikan. Terlebih, jika amal kebaikan yang diperbuat akan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk meminta pada-Nya. Karena ada beberapa waktu yang memang disarankan untuk berdoa di bulan Ramadhan agar doa tersebut terkabul.

3 waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadhan:

1. Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berkaitan dengan hadis tersebut, Ibnu Hajar juga menjelaskan dengan berkata, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari)

2. Saat berpuasa

Waktu yang kedua adalah saat berpuasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.(HR. Ahmad)

Imam Nawawi rahimahullah berkata bahwa, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’)

3. Ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa, doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa. Hal ini dikarenakan orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Oleh sebab itu, sebagai umat muslim yang beriman, hendaklah memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan ini dengan sebaik mungkin. Semoga Allah Swt mengabulkan doa-doa yang kita panjatkana. Amin YRA.


(ACF)