Doa Ketika Masuk Pasar

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari Nabi Muhammad Saw 23/12/2021
Doa Ketika Masuk Pasar (Antonio_Cansino-Pixabay)
Doa Ketika Masuk Pasar (Antonio_Cansino-Pixabay)

Oase.id - Pasar merupakan tempat akad jual beli. Tempat terjadinya pertukaran uang dengan barang atau jasa antara penjual dan pembeli. Di sisi lain, pasar juga merupakan tempat yang paling dibenci Allah Swt. Mengapa demikian?

Karena, pasar menjadi tempat setan menggoda manusia untuk berbuat kecurangan. Seperti, melakukan penipuan, berbohong, mengurangi takaran timbangan, dan lain sebagainya.

Selaras apa yang disebutkan dalam hadis riwayat Muslim, Ahmad, dan Hakim, yakni sebagai berikut:

“Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Hakim)

Namun, saat mendesak harus pergi ke pasar, ada doa untuk menghindarinya supaya senantiasa terlindungi dari segala kecurangan dan kerugian yang terjadi di pasar. 

Berikut Oase.id merangkum doa yang hendak dibaca saat masuk pasar.

Diriwayatkan dalam kitab Tirmidzi dan lainnya dari Umar bin Khattab Radiyallahu anhu (RA), Rasul ﷺ bersabda: 

“Barang siapa masuk pasar, maka hendaknya membaca: Laailaaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuut, bi yadihil khairu wa huwa ‘alaa kulli syain qadiir.”

Artinya:
“Tidak ada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah, Yang tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia yang menghidupkan dan mematikan (makhluk) dan Dia maha hidup lagi tidak akan mati. Atas kekuasaan-Nya segala kebaikan dan Dia atas segala sesuatu Maha kuasa.”

Ujar Rasul ﷺ dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Hakim dalam kitab al-Mustadrak ‘alaa Sahihain menyebutkan, “Maka Allah akan menetapkan baginya berjuta-juta kebaikan, akan menghapuskan berjuta-juta kesalahan dan akan mengangkat berjuta-juta derajatnya.”

Bahkan, dari jalur perawi yang banyak, pada sebagian jalur perawi ditambahkan: “Dan dia akan dibangunkan istana di surga”.

Selanjutnya, dari Buraidah Radiyallahu Anhu (RA), bahwa ia mengatakan, jika Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW) akan memasuki pasar beliau membaca:

“Bismillaahi Allaahumma innii as-aluka khaira haadzihis suuqi wa khaira maa fiiha, wa a’uudzzubika min syarriha wa syarii aa fiiha, Allaahumma innii a’uudzubika an ushiiba fiihaa yamiinan faajiratan shafqatan khaasiratan.”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari pasar ini dan kebaikan apa yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan apa yang ada di dalamnya, ya Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari sumpah palsu dan hasil yang merugikan.”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar an-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)