Selain Menambah Imun, Inilah 5 Manfaat Daun dan Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 16/08/2021
Gambar oleh Abdul Muttaqin dari Pixabay
Gambar oleh Abdul Muttaqin dari Pixabay

Oase.id – Buah jambu biji dengan kulit hijau muda hingga kekuningan, ternyata kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, potassium, dan serat. Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, lho. Mau tahu apa saja manfaat buah dan daun jambu biji bagi kesehatan kita?

Melansir healthline.com, berikut Oase.id merangkum 5 manfaat buah dan daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Membantu meringankan gejala menstruasi

embed

Banyak wanita yang mengalami gejala nyeri haid, salah satunya kram perut. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram saat menstruasi. Dalam penelitian 2006, pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri haid, ditemukan fakta bahwa setelah mengonsumsi 6mg ekstrak daun jambu biji setiap hari mampu mengurangi intensitas nyeri.

2. Bermanfaat bagi Sistem Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik. Karena itu, makan lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Dalam satu buah jambu biji mampu memberikan 12% kebutuhan asupan serat harian.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, dan dalam studi psidium guajava: a review of its traditional uses, phytochemistry and pharmacology menunjukkan bahwa daun jambu dapat mengurangi intensitas dan durasi diare.

3. Membantu meningkatkan imunitas

Saat pandemi Covid-19 ini, tentunya penting untuk tetap menjaga dan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Mengonsumsi jambu biji bisa menjadi solusi untuk imunitas, karena buah ini merupakan salah satu sumber makanan kaya vitamin C. Faktanya, satu buah jambu biji menyediakan dua kali lipat jumlah vitamin C untuk asupan kebutuhan nutrisi harian dibandingkan jeruk.

4. Baik untuk Kulit

embed

Antioksidan yang terkandung pada jambu biji dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan, memperlambat proses penuaan, membantu mencegah keriput. Terlebih lagi, ekstrak daun jambu biji bahkan dapat membantu mengobati jerawat ketika dioleskan langsung ke kulit.

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji meningkatkan kadar gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi penderita diabetes atau bagi mereka yang berisiko diabetes.

Dalam penelitian anti-hyperglycemic and anti-hyperlipidemic effects of guava leaf extract, pada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan.


(ACF)