UGM Sediakan Subsidi Pulsa untuk Mahasiswa Baru

Medcom.id - Pendidikan 01/09/2020
Photo by UGM
Photo by UGM

Oase.id - Wakil Rektor Bidang Pendidikan, pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal wiseso mengatakan bahwa mahasiswa baru akan mendapatkan subsidi pulsa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Dengan begitu, mahasiswa baru bisa mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses (PPSMB) UMG 2020 yang akan dilaksanakan secara daring.

"Ada bantuan pulsa yang bisa diakses oleh mahasiswa, karena pemerintah dalam hal ini sudah mengeluarkan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk memberikan fasilitas IT kepada guru, dosen, mahasiswa dan murid-murid sekolah," jelas Djagal dalam UGM Update PPSMB UMG 2020.

Djagal Mengatakan, pihak tengah menyiapkan mekanisme subsidi pulsa tersebut. Bantuan tersebut nantinya akan langsung masuk ke nomor mahasiswa baru dan digunakan untuk mengikuti PPSMB daring.

"Ini mekanismenya itu oleh UGM akan diakses dan deliver kepada mahasiswa," ucapnya.
 

Subsidi paket data internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar 50 gigabyte (GB) untuk masing-masing mahasiswa dan dosen. Bantuan ini akan diberikan selama empat bulan.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM Rustamaji mengatakan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UMG 2020 akan disiarkan secara live streaming. Harapanya, PPSMB yang tahun ini digelar secara daring ini bisa diikuti semua mahasiswa baru UGM.
 
"Yang jelas untuk para mahasiswa baru ada jalur khusus, tapi kami juga menyadari bahwa di daerah-daerah tertentu ada kesulitan sehingga mungkin streaming cara yang baik menjangkau mereka," kata Rustamaji.
 
Sejumlah platform live streaming tengah disiapkan. Beberapa platform UGM yang aktif menyiarkan kegiatan mereka adalah Facebook, YouTube dan juga Instagram.
 
"Sedang kami siapkan, sampai saat ini kami masih melihat karena harus menjangkau seluruh Indonesia dan platform-platform apa yang kita pakai sedang kami evaluasi," jelas Rustamaji.


(PBH)
TAGs: Pendidikan
Phooby Kamaratih
Posted by Phooby Kamaratih