Warisan Kesehatan Rasulullah SAW, Berikut Manfaat Bekam Bagi Tubuh

Phooby Kamaratih - Kesehatan 06/06/2021
Gambar oleh Ryan Hoyme dari Pixabay
Gambar oleh Ryan Hoyme dari Pixabay

Oase.id – Metode kesehatan Nabi Muhammad ﷺ yang masih eksis sampai sekarang salah satunya adalah bekam. Bekam atau dalam bahasa Arab الحجامة disebut al-hijamah, cara kerja bekam dengan pemvakuman di kulit dan mengeluarkan darah kotor dari dalam kulit.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata: ''Jibril datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam dengan perintah berbekam pada titik al-akhdain (urat leher) dan al-kahil (pundak),'' (Ad-Dailami).

Selain itu, Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam).” (Muttafaq ‘alaihi, Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim)

Dari beberapa hadis yang yang menjelaskan tentang bekam, berikut beberapa manfaat bekam yang dirasakan oleh tubuh :

1. Mengurangi kecemasan

Dilansir dari resolution.health, gerakan menggeser cup bekam membuat sistem saraf parasimpatis berfungsi. Hal ini akan berfungsi mendorong relaksasi yang bergerak ke seluruh tubuh, selain itu Sistem saraf parasimpatis juga bertanggung jawab untuk memperlambat detak jantung, membantu pencernaan, dan meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar.

2. Menghilangkan penumpukan cairan dan mengobati asma

Penumpukan caitan atau dahak pada paru-paru yang disebabkan oleh pilek, bronkitis, atau bahkan asma dapat diobati dengan bekam. Proses bekam mampu melancarkan sumbatan dan membawa darah dan getah bening yang kaya dengan oksigen ke paru paru.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit bisa terlihat dari apa yang terjadi dalam tubuh. Bekam mampu meningkatkan aliran darah pada kulit dan meningkatkan suplai oksigen juga nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Hal ini juga membantu dalam mengurangi kambuhnya jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti eksim, selulit, dan lain lain.

4. Pereda rasa nyeri

Bekam dapat meredakan nyeri akibat radang sendi, nyeri punggung bawah. Bentuk nyeri lain yang dapat diobati secara efektif dengan bekam termasuk sakit kepala, migrain, sakit gigi, nyeri otot, linu panggul. Bekam meningkatkan sirkulasi darah dan mobilitas, oleh karena itu merupakan pengobatan yang efektif untuk kondisi seperti rematik, sakit pinggang, leher kaku dan bahu.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Bekam membantu meringankan masalah pencernaan yang disebabkan karena stres kronis, kekurangan gizi atau respon sistem kekebalan tubuh.


(ACF)
TAGs: Kesehatan
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus