Sambut HUT RI, Operasional Kereta Api Ditambah

Medcom.id - HUT Kemerdekaan RI 16/08/2020
Photo by Antara/Siswowidodo
Photo by Antara/Siswowidodo

Oase.id- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menambah perjalanan kereta api (KA) dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI pada Senin, 17 Agustus 2020. Penambahan sebanyak 13 KA akan dioperasikan hingga 31 Agustus 2020.

"Pengoperasian dari Daop 1 Jakarta dengan berbagai tujuan Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Cilacap, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dilansir dari Medcom.id, Minggu, 16 Agustus 2020.

Eva mengatakan terdapat 28 KA yang beroperasi di wilayah Daop 1 Jakarta pada Agustus 2020. Terdiri atas 15 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 13 KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Penumpang dapat memesan tiket secara daring paling cepat tujuh hari sebelum keberangkatan. Pemesanan melalui aplikasi KAI Access, website www.kai.id, dan pihak ketiga. Sedangkan loket stasiun hanya melayani tiket go show yang dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

 

PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain dengan pembatasan kapasitas penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal. Selain itu, calon penumpang harus memenuhi persyaratan seperti menunjukkan surat bebas covid-19, seperti tes polymerase chain reaction (PCR) ata rapid test, yang berlaku 14 hari sejak diterbitkan.

"Atau menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test," ujar Eva.


(FER)
Fera Rahmatun Nazilah
Posted by Fera Rahmatun Nazilah