Waspada Cuaca Ekstrem, Jangan Lupa Baca Doa Ini Agar Selamat di Perjalanan

Octri Amelia Suryani - Cuaca Ekstrem Doa Keluar rumah 28/12/2022
Ilustrasi Cuaca ekstrem (Foto: Enrique / Pixabay)
Ilustrasi Cuaca ekstrem (Foto: Enrique / Pixabay)

Oase.id - Indonesia tengah dilanda cuaca ekstrem jelang pergantian tahun 2022. Pemerintah pun meminta masyarakat untuk waspada dan mengimbau agar berhati-hati apabila berkegiatan di luar rumah.

Dalam beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas ringan hingga deras kerap melanda berbagai kota di Indonesia. Imbasnya, masyarakat harus menerjang bahaya untuk bisa melakukan aktivitas kerja.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan senantiasa membaca doa saat berkegiatan di luar rumah, agar terus berada dalam lindungan Allah Swt.

Nah, bagi kalian yang sudah merancang dan akan berlibur di momen akhir tahun ini, ada beberapa doa yang sangat bagus untuk diamalkan demi mendapatkan perlindungan dari Allah Swt.

1. Doa ketika keluar rumah

‎بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Latin: Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil
‘adhîm.

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.

2. Doa naik kendaraan

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Latin: Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya: Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Ada juga doa lain yang dilanjutkan untuk diamalkan:

‎بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

3. Doa ketika di perjalanan

‎قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
اللَّهُ الصَّمَدُ
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Latin: Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad.

Artinya: Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.

4. Doa ketika sampai ke tujuan

‎اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا​​​

Latin: Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiiha wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.

Demikian beberapa doa yang hendaknya diamalkan ketika bepergian dan mengharap keselamatan dari Allah SWT.


(ACF)