Ini 7 Fakta di Balik Surat Al Fatihah, Kamu Perlu Tahu

N Zaid - Surah Al Fatihah 11/01/2023
Ilustrasi. Foto Unsplash
Ilustrasi. Foto Unsplash

Oase.id - Surah ini dinamai Al-Fatiha karena pokok bahasannya. Fatihah adalah yang membuka topik atau buku atau hal lainnya. Dengan kata lain, Al-Fatihah adalah semacam kata pengantar.

Periode Wahyu
Ini adalah salah satu Wahyu paling awal kepada Nabi ﷺ. Faktanya, kita belajar dari Hadits otentik bahwa itu adalah Surat lengkap pertama yang diturunkan kepada Muhammad ﷺ. Sebelum ini, hanya beberapa ayat lain yang diturunkan yang merupakan bagian dari Surah Alaq, Muzzammil, Muddathir, dll.

Tema
Surah ini sebenarnya adalah doa yang diajarkan Allah kepada semua orang yang ingin mempelajari kitabnya. Itu telah ditempatkan di awal buku untuk mengajarkan pelajaran ini kepada pembaca: jika Anda dengan tulus ingin mendapatkan manfaat dari Al-Qur'an, Anda harus mempersembahkan doa ini kepada, Allah, Tuhan Semesta Alam.

Kata pengantar ini dimaksudkan untuk menimbulkan keinginan yang kuat di hati pembaca untuk mencari petunjuk dari Tuhan Semesta Alam, yang dapat mengabulkannya. Dengan demikian Al-Fatihah secara tidak langsung mengajarkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah berdoa memohon petunjuk ke jalan yang lurus, mempelajari Al-Qur'an dengan sikap mental pencari kebenaran dan mengakui kenyataan bahwa Tuhan Semesta Alam adalah sumber segala ilmu. Karena itu, dia harus memulai studi Al-Qur'an dengan doa kepadanya untuk mendapatkan petunjuk.

Dari tema ini, jelaslah bahwa hubungan Al-Fatihah dengan Al-Qur'an yang sesungguhnya bukanlah pengantar sebuah kitab melainkan doa dan jawabannya. Al-Fatihah adalah doa dari seorang hamba dan Al-Qur'an adalah jawaban doanya. Hamba itu berdoa kepada Allah untuk menunjukkan petunjuk kepadanya dan Guru menempatkan seluruh Al-Qur'an di hadapannya sebagai jawaban atas doanya, seolah-olah mengatakan, "Inilah Petunjuk yang kamu mohon dari-Ku."

Ada 7 rahasia di balik Surah Fatihah yang harus diketahui semua orang seperti dikutip theislamicinformation.

1. Fatihah adalah surat terbesar dalam Al-Qur'an
Nabi Muhammad ﷺ berkata kepada sahabat bahwa dia akan mengajarinya surat terbesar dalam Alquran, dia ﷺ mengajarinya Surah Fatihah. (Dikutip dari Sahih al Bukhari)

2. Itu adalah rukun salat
Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa jika seseorang tidak membaca Surah Fatihah dalam shalatnya (Salah), shalatnya menjadi BATAL. (Dikutip dari Tirmidzi)

3. Surah ini adalah obat untuk penyakit
Seorang sahabat Nabi Muhammad ﷺ pernah membacakan Surah Fatihah setelah digigit kalajengking setelah melihat ini Nabi ﷺ memerintahkannya sambil berkata, “Bagaimana kamu tahu itu adalah Penyembuh (Ruqyah)?” (Dikutip dari Sahih al Bukhari)

4. Al Fatihah dikirim dari Surga sebagai cahaya
Seorang malaikat mendekati Nabi SAW dan bertanya tentang hal itu, yang dijawab oleh Nabi Muhammad ﷺ bahwa ada dua cahaya dari langit, satu adalah Fatihah dan yang lainnya adalah Baqarah. (Dikutip dari Sahih al Bukhari)

5. Surah ini adalah Induk Quran
Nabi Muhammad ﷺ bersabda bahwa Surah Fatihah adalah Induk Al-Qur'an, Induk Kitab serta tujuh ayat yang berulang adalah bacaan yang agung. (Dikutip dari Tirmidzi)

6. Surat ini adalah tujuh ayat yang sering diulang
Tujuh ayat yang sering diulang-ulang itu juga disebutkan dalam Surat Al Hijr Ayat 87.

7. Surah ini adalah obat untuk hati
Surah ini berisi doa yang melindungi dari murka Allah dan kesesatan. Ini juga melindungi hati kita dari segala macam niat jahat. (theislamicinformation,amryn)


(ACF)